TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI MELALUI E-PPID


Selasa, 23 Agustus 2016



Tuban, Jaman sekarang adalah jaman teknologi, berbagai bentuk dan jenis teknologi yang telah ditemukan selalu digunakan untuk memudahkan manusia seperti Internet. Pada masa kini kita berada dalam jaman modern dimana teknologi sangat inovatif dalam berbagai aspek kehidupan. Begitu banyaknya fasilitas untuk menunjang, salah satunya adalah sarana untuk percepatan informasi sampai kepada kita. Tak mau ketinggalan dengan era teknologi yang berbasis IT, KPU pun selangkah telah mengikuti arus global ini dengan memanfaatkan sarana Internet.

Website KPU Tuban telah lama berfungsi sebagai corong informasi yang sajikan sedemikian rupa, dengan harapan masyarakat dengan mudah mendapat informasi tanpa harus datang ke kantor KPU Tuban atau harus mengangkat telepun, tetapi dengan website pengguna tinggal klik sudah dapat melihat informasi yang dibutuhkan.

Dan kini PPID pun tak mau ketinggalan dengan kemajuan teknologi ini, untuk mendukung pelayanan informasi, telah diaktifkan Aplikasi PPID Online untuk mewujudkan komitmen KPU RI dalam mendukung keterbukaan informasi publik, Aplikasi PPID online merupakan sarana pelayanan online bagi publik untuk mengajukan permohonan informasi, mengajukan keberatan, dan mengetahui status permohonannya.


Sebagaimana dalam asas keterbukaan Informasi publik yang tertuang dalam Pasal 2 UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik : ayat (1) "setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik, dan ayat (3) "setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap pemohon Informasi public dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana".

Untuk mewujudkan semua harapan sebagaimana tersebut diatas, KPU Tuban juga sudah memulai berbenah, yakni dengan mengaktifkan aplikasi PPID. Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, Divisi SDM dan Parmas mengungkapkan bahwa KPU Tuban akan senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, mempermudah akses informasi, "nanti jika semua perangkat elektronik sudah siap, masyarakat akan sangat mudah untuk mendapatkan pelayanan Informasi, mulai dari pengajuan permohonan, pengajuan keberatan, bahkan sampai mengecek status permohonannya pun cukup dengan "klik". Saat ini kami masih proses aktivasi e-PPID dan updating laman beranda, serta pengisian-pengisian menu. "ujar Yayuk.

Ditanya lebih lanjut tentang mulai kapan e-PPID dapat berfungsi optimal, perempuan berjilbab ini memprediksi tidak lebih dari dua minggu. "jika jaringan internet lancar dan tidak ada gangguan, maka proses akan cepat berjalan dan diperkirakan awal September depan e-PPID KPU Tuban sudah dapat berfungsi optimal, masyarakat sudah dapat menggunakan fasilitas mudah dan cepat ini, "pungkasnya. (Yuk)