KPU TUBAN KONSENTRASI GARAP DOKUMENTASI DAN PENGARSIPAN PILKADA 2015


Rabu, 23 Maret 2016

Tuban, Hiruk Pikuk suasana Pilkada Tuban Tahun 2015 telah usai. Alat Peraga Kampanye (APK) dan seluruh atribut kampanye juga telah di tanggalkan. Pasangan calon terpiilih juga telah di tetapkan KPU Kabupaten Tuban dan telah di usulkan untuk pengesahan pelantikan kepada DPRD Kabupaten Tuban. Sehingga seluruh tahapan yang di atur dalam Peraturan KPU No. 2 Tahun 2015 telah berakhir. Namun Pilkada Tuban masih menyisakan Pekerjaan bagi KPU Kabupaten Tuban. Apakah itu?

Ternyata pekerjaan yang tersisa dan harus segera di selesaikan adalah masalah pengelolaan berkas-berkas, dokumen dan lembaran-lembaran kertas penting lainnya yang harus segera di arsipkan dan di dokumentasikan baik secara hardcopy maupun softcopy. Data-data pemilu merupakan data yang selalu dibutuhkan keberadaannya dalam tiap waktu sebagai sumber informasi bagi internal KPU maupun eksternal KPU.

Divisi Anggaran, Logistik dan Rumah Tangga KPU Kabupaten Tuban, Nur Hakim, S.Pd menyatakan bahwa Tujuan dilakukan pengelolaan dokumen dan data hasil tahapan Pilkada Tuban guna melakukan dokumentasi dan pengarsipan data sehingga dapat di gunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

“Kita Tahu bahwa dokumen dan data merupakan sesuatu yang penting keberadaannya sebagai bahan pengambilan kebijakan maupun barang bukti dalam sengketa maupun hal-hal lainnya; sehingga harus di arsip dan dikelola dengan baik”. Tutur Nur Hakim.

Lebih lanjut Nur Hakim menambahkan bahwa pengelolaan dokumen dan data akan di pilah menjadi 2 (dua) bagian yaitu: data yang bersifat dinamis dan data yang bersifat statis. Pemilahan data tersebut dimaksudkan guna memudahkan KPU Kabupaten Tuban untuk memilah data yang selalu di butuhkan dan data yang hanya bersifat sementara selanjutnya dimusnahkan keberadaannya. (Ri)