TINGKATKAN SDM YANG KUAT DAN TANGGUH DENGAN BEROLAHRAGA RUTIN


Jum'at, 18 Maret 2016

Tuban, Kita tak pernah lupa dengan kalimat dalam bahasa latin “Mens sana in corpore sano”, yang artinya adalah "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat." Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya. Demikian pula yang dicanangkan oleh Jajaran KPU Kabupaten Tuban dalam menata organisasinya. Tidak hanya dijelali dengan materi-materi yang bersifat teknik atau akademik saja, namun secara fisik pun harus ditata dan dijaga agar senantiasa sehat, kuat, dan tangguh sebagai penyelenggara Pemilihan Umum wilayah Kabupaten Tuban ini.

Komisi Pemilihan Umum yang mempunyai Visi : Menjadi Penyelenggara Pemilihan Umum yang Mandiri, Profesional, dan Berintegritas untuk terwujudnya Pemilu yang Luber dan Jurdil, harus memiliki keseimbangan yang proporsional antara jasmani dan rohani. “Karena ketika fisik kita lemah, bagaimana kita bisa bekerja dengan optimal, meski secara teknik dan kemampuan materi terpenuhi“ begitu ungkap Kasmuri Ketua KPU Kabupaten Tuban.

Selanjutnya Nur Hakim Divisi Anggaran, Logistik, dan Rumah Tangga menambahkan “setiap hari Jumat kita agendakan rutin acara senam bersama dihalaman depan kantor KPU Kabupaten Tuban, yang dilanjutkan kegiatan-kegiatan lain seperti tenes meja, bulu tangkis, dan kegiatan kerja bakti sekitar Kantor. Kegiatan ini disamping untuk menanamkan rasa kebersamaan dan peningkatan kualitas SDM, baik komisioner maupun sekretariat juga diharapkan mampu memperkuat kedudukan organisasi”

Sebagaimana diketahui bersama, tugas dan wewenang KPU Kabupaten dalam menyelenggarakan Pemilu, baik itu pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, yang telah diatur dalam Pasal 10 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu sangatlah komplek dan sistematis yang tersusun dalam tahapan/waktu yang sedemikian rupa. Sehingga dengan melihat volume dan beban pekerjaan KPU Kabupaten, patutlah kiranya mempersiapkan fisik sedini mungkin agar menjadi kuat dan tangguh untuk menunjang kinerja.

Dalam kesempatan yang sama Divisi Hukum dan SDM KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan, SH mengatakan bahwa kegiatan olah raga bersama ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi peningkatan SDM, KPU dituntut untuk berkerja Profesional dan berintegritas, nah, kalau secara fisik saja lemah, bagaimana bisa bekerja keras dan sepenuh jiwa raga? Kita ketahui dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita karena tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain. KPU adalah paling rentan untuk itu, sehingga perlu dibentengi sejak dini, dan dengan olah raga kita bisa mengurangi kadar stress dalam kehidupan kita. Selain itu olah raga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita, karena bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, begitu celotehnya.(#yy)