KPU TUBAN LAUNCHING GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH


Senin, 01 Oktober 2018

   Tampak seluruh pegawai KPU Tuban membentangkan spanduk dalam rangka launching Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) hari ini (01/10/2018).

Tuban, KPU Kabupaten Tuban melaunching Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Launching GMHP dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban, peserta partai politik Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban, Kantor kesatuan Bangsa sosial dan politik (Kesbangpol), Sat Pol PP serta Sekretariat Daerah bidang Pemerintahan Kabupaten Tuban. Ketua KPU Kabupaten Tuban Kasmuri yang sekaligus Koordinator Divisi Perencanaan dan Data di tengah-tengah acara launching menjelaskan bahwa tujuan dari Gerakan melindungi hak pilih (GMHP) adalah untuk memastikan bahwa seluruh warga Tuban yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019. KPU kabupaten Tuban juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan cara berperan aktif mengecek dirinya atau keluarganya apakah sudah terdaftar dalam data pemilih KPU Tuban.

Kasmuri juga menambahkan bahwa kegiatan GMHP akan berlangsung dari tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober mendatang. Oleh karena itu, waktu 28 hari itu akan dioptimalkan untuk menyisir warga yang mempunyai hak pilih namun belum terdaftar dalam DPT dan mengeluarkan data pemilih yang sudah meninggal dunia atau pindah domisili dan lainnya.Kasmuri juga mengajak berbagai elemen dan masyarakat bersama melakukan tiga hal. Pertama, masyarakat mau datang ke kantor kelurahan atau desa minimal sekali untuk mengecek apakah sudah terdaftar atau belum. Kedua, melakukan pengecekan di website dengan alamat www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan yang ketiga bisa mendownload aplikasi android mobile dari KPU yaitu KPU PEMILU 2019. (Ning/Hupmas)