KPU TUBAN GELAR RAKOR PENCERMATAN DPTHP-1


Minggu, 30 September 2018

   Tampak suasana Rapat Koordinasi Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) yang berlangsung hari ini (30/09/2018).

Tuban, KPU Kabupaten Tuban menggelar Rapat Kordinasi Pencermataan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP)1 di kantor KPU Kabupaten Tuban, Minggu (29/9/2018). Pencermatan dilakukan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban, peserta partai politik Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban, Kantor kesatuan Bangsa sosial dan politik (Kesbangpol), Sat Pol PP serta Sekretariat Daerah bidang Pemerintahan Kabupaten Tuban.

Rakor dibuka Ketua KPU Kabupaten Tuban Kasmuri yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi bersama ini dilakukan guna melaksanakan Surat Edaran KPU RI No. 1099 tahun 2018 guna menyempurnakan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP)-1. Kegiatan penyempurnaan DPTHP-1 akan dilaksanakan dengan cara mengeluarkan data pemilih yang ditemui sudah tidak memenuhi syarat (TMS) seperti meninggal dunia, pindah domisili dan lainnya, memperbaiki elemen data apabila belum lengkap atau keliru serta memasukan data pemilih jika ditemui pemilih yang belum terdaftar.

"Penyempurnaan DPTHP-1 bertujuan agar data pemilih untuk pemilu 2019 di Kabupaten Tuban semakin terupdate dan bersih dari kesalahan data pemilih; oleh karena itu Kami berharap semua stakeholders yang hadir pada hari ini bersama-sama berperan aktif dalam penyempurnaan DPTHP-1. Tanggapan dan masukannya sangat kami nantikan". Ungkap Kasmuri. Kasmuri juga mengimbau kepada jajarannya agar memaksimalkan kegiatan ini untuk membersihkan data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), memperbaiki elemen data apabila ditemukan kekeliruan atau belum lengkap dan memasukkan data pemilih apabila masih ditemukan pemilih yang belum terdaftar.

Untuk melindungi hak pilih masyarakat, KPU sendiri menurut dia membuat suatu gerakan yang bertujuan melindungi hak pemilih tersebut, yakni Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dan membuka Posko Pelayanan Pemilih di tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan se-Kab Tuban. "Kami akan buka Posko pelayanan mulai tanggal 1 - 28 Oktober 2018 di kantor KPU Tuban, 20 sekretariat PPK dan 328 Desa/kelurahan di Kabupaten Tuban". Terang sosok berkacamata yang hobi membaca tersebut. (Ning/Hupmas)