JELANG PILGUB JATIM, KPU TUBAN PERBAIKI KOTAK SUARA


Senin, 21 Mei 2018

   Tampak salah satu staf sekretariat KPU Tuban; Budi Widarto sedang mempersiapkan bagian kotak suara yang akan dirangkai untuk Pilgub Jatim 2018 hari ini (21/05/2018).

Tuban, Bertempat di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, KPU Kabupaten Tuban mulai mempersiapkan logistik dalam persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018. Logistik tersebut diantaranya adalah Kotak Suara dan Bilik Suara. Persiapan kotak suara dan bilik suara dimulai sejak hari ini (21/5) sampai dengan Selasai Persiapan dilakukan dengan membersihkan stiker yang menempel, memperbaiki kotak yang rusak karena banyak baut dan murnya yang hilang serta bilik suara yang rusak untuk diperbaiki lagi pasca Pilkada Serentak ( Pilbup Tuban ) tahun 2015 yang lalu.

Komisioner KPU Tuban Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Nur Hakim mengatakan bahwa kotak suara dan bilik suara yang sudah kita persiapkan adalah 2.006 buah untuk kotak suara dan 4.012 buah untuk bilik suara sesuai dengan jumlah TPS yakni 2.006 " dan kita tambah 3 buah kotak suara untuk penghitungan dan rekapitulasi di masing masing Kecamatan (PPK) yakni sebanyak 20 Kecamatan Jadi total kotak suara yang kita persiapkan sebanyak 2.066 buah" tambah Nur Hakim.

Selain alokasi kotak suara dan bilik suara tersebut, menurut Hakim pihaknya juga mempersiapkan kotak suara dan bilik suara untuk keperluan rawat inap, untuk rumah sakit, puskesmas, serta klinik rawat inap lainnya. Menurutnya kotak suara ini merupakan tempat dimana suara rakyat dan kedaulatan rakyat akan disimpan, Maka persiapan juga harus dikerjakan dengan baik demi menjaga kedaualatan rakyat. Selanjutnya distribusi dan alokasi sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dilakukan pada bulan Juni mendatang. (Noor)