SURAT SUARA PILGUB DATANG DINI HARI


Sabtu, 19 Mei 2018

   Tampak komisioner KPU Tuban divisi logistik; Nur Hakim (kiri) sedang memeriksa surat suara Pilgub Jatim 2018 yang diterima hari ini (19/05/2018).

Tuban, Setelah beberapa waktu lalu, Bahan Sosialisasi PILGUB Jatim datang ,dan sudah di distribusikan ke KPU Kabupaten Tuban , kemudian di distribusikan ke masing-masing PPK dan PPS. Pagi dini hari ini Sabtu (18/5) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban resmi menerima Surat Suara langsung dari Yakni PT. PURA BARUTAMA Kudus selaku penyedia barang dan diterima langsung oleh Nur Hakim selaku Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik dan disaksikan juga dari Kepolisian dan Panwaskab Tuban.

" Berdasarkan data Berita Acara Serah Terima ( BAST ) yang kami terima bahwa Surat Suara yang datang berjumlah 949.196 lembar (sesuai data pengiriman) dan dikemas dalam 475 box, sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Tuban ditambah 2, 5 persen dari jumlah DPT di Tuban yakni 925.104 Pemilih." Kata Nur Hakim Komisioner KPUK Tuban Divisi Divisi Keuangan, Umum dan Logistik.

"Surat Suara memerlukan penyimpanan yang sangat ekstra hati-hati, karena apabila ada kerusakan tidak bisa diganti sembarangan, jadi dalam penyimpanannya kita letakkan alas dari sejenis terpal , hal itu menghindari rayap karena bisa lembab dan merusak Surat Suara," Terang Budi Widarto selaku staf yang menangani logistik.

Selanjutnya dalam waktu dekat rencana tanggal 28 Mei sampai 2 Juni 2018 akan dilaksanakan sortir dan pelipatan Surat Suara. Hal ini dilakukan, untuk mengecek kwalitas Surat Suara yang diterima, apakah ada yang rusak, baik rusak karena percetakan, tinta yang tidak sempurna, ada kekurangan jumlah Surat Suara ,atau bahkan mungkin ada Surat Suara yang sobek. Semua bisa terjadi seperti pengalaman dari Pemilu sebelumnya. Dan sejak kedatangan Surat Suara, tampak sejumlah petugas dari Kepolisian Resort Tuban maupun Polsek Kota rutin melakukan patroli ke KPU Kabupaten Tuban tujuanya adalah untuk menjaga keamanan serta keutuhan surat suara. (Noor)