SOSIALISASIKAN PEMBERIAN PENGHARGAAN PNS BERPRESTASI KEPADA STAF SEKRETARIAT


Selasa, 02 Agustus 2016

Tuban, Pagi ini (2/8/2016) bertempat di media Center KPU Tuban telah dilaksanakan sosialisasi SE Sekjen KPU RI Nomor Nomor 828/SJ/VII/2016 tertanggal 22 Juli 2016 tentang Pemberian Penghargaan bagi PNS Berprestasi di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota, kepada seluruh staf sekretariat KPU Tuban oleh Drs. Imam Sutrisno, MM selaku Sekretaris KPU Tuban.

Dalam pengantar pembukaannya Pak Imam menuturkan bahwa seluruh staf wajib tahu dan paham adanya SE Sekjen tersebut, karena semua mempunyai kesempatan yang sama dalam untuk menerima Penghargaan bagi PNS yang berprestasi. "semua staf harus paham betul tentang kriteria, kategori dan aspek penilaian sesuai prosedur dan instrumen penilaian yang akan diterapkan, sehingga mereka akan berpacu dalam peningkatan kinerja" tuturnya.

Sebagaimana diketahui bersama tujuan dari pemberiaan penghargaan ini adalah :

  • Memberikan motivasi PNS dalam meningkatkan kinerjanya;
  • Mendorong PNS lain untuk menunjukkan prestasi kerja secara kompetitif;
  • Mewujudkan panutan dalam bekerja dan berkarya.

Instrumen yang dijadikan penilaian PNS berprestasi berdasarkan SE Sekjen meliputi 8 aspek, yaitu : Orientasi Pelayanan (kualitas kerja), Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama, Kepemimpinan, Inovasi, Komunikasi, dan akan ditambah satu kriteria yakni loyalitas. Dari aspek-aspek yang dinilai akan berdampak pada aspek penilaian dengan pemberian nilai/skor 1 sampai 10 untuk masing-masing aspek, kemudian ditotal secara keseluruhan untuk mendapatkan skor tertinggi. Langkah berikutnya masing-amsing bagian akan mengusulkan calon penerima penghargaan beserta penilaiannya kepada Sekretaris KPU Tuban disertai catatan-catatan rekomendasi, dan sekretaris KPU Tuban menetapkan satu orang untuk masing-masing kategori dengan Surat Keputusan.

Ditanya lebih lanjut tentang penghargaan dalam bentuk apa yang akan diberikan, Sekretaris KPU Tuban menjawab dengan ramah, " penghargaan akan diberikan dalam betuk piagam, cinderamata atau bentuk lain, pokoknya menyesuaikan anggaran yang ada, karena tentu saja bukan jenis/bentuk barangnya yang menjadi ukuran kebanggaan bagi penerima, namun makna penghargaanlah yang utama. "pungkasnya sambil tersenyum. (Yuk)