VERIFIKASI DUKUNGAN BAKAL CALON ANGGOTA DPD PEMILU 2019


Senin, 07 Mei 2018

   Tampak suasana pelaksanaan verifikasi administrasi dukungan bakal calon DPD Pemilu 2019 yang berlangsung hari ini (07/05/2018).

Tuban, Komisi pemilihan umum mulai melakukan tahapan klarifikasi dukungan calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah pada pemilu tahun 2019 diwilayah kabupaten tuban.Tahapan yang paling pertama sebelum melakukan verifikasi ke lapangan terlebih dahulu para tim verifikator melakukuan tahapan penelitian berkas dukungan calon anggota perwakilan daerah pada pemilu tahun 2019.

Ada beberapa hal yang harus diperiksa oleh tim verifikator diantaranya yaitu Konfirmasi nama kita harus mengecek dan mencocokkan tulisan dalam berkas yang btelah di terima oleh sekretariat KPU TUBAN,kemudian setelah mengkroscek nama kta juga harus memeriksa dukungan yang umurnya belum memunuhi syarat sebagai pendukung,karena syarat usia sebagai pendukung yaitu harus berusia 17 tahun pada April 2019,syarat yang ketiga yaitu status yang tidak boleh mendukung adalah PNS,TNI /POLRI dan penyelenggara.

Kemudian jika ada perbedaan nama tapi mempunyai NIK yang sama dan hanya mendukung satu calon itu juga dianggap tidak sah jadi kita harus melakukan klarifikasi dengan yang bersangkutan untuk menentukan siapakah yang ia dukung, selain itu juga apabila ada data di E-KTP yang tidak bisa dibaca dengan jelas , dan yang terakhir yang harus diperhatiakn badalah apabila ada perbedaan tanda tangan. Setelah kita dapatkan data yang harus diklarifikasi baru tim verifikator melakukan verifikasai ke lapangan sesuai pembagian tugas dan intruksi dari kasubag yang membidangi. (Nova)