KPU TUBAN UMUMKAN DPS KEPADA MASYARAKAT


Sabtu, 24 Maret 2018

   Tampak lembar Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang ditempelkan di beberapa lokasi.

Tuban, Sesuai Jadwal tahapan yang di atur dalam Peraturan KPU no. 1 Tahun 2017 bahwa setelah penetapan Daftar Pemilih sementara (DPS) oleh KPU Kabupaten maka KPU Kabupaten/Kota mempunyai kewajiban untuk mengumumkan secara terbuka Daftar Pemilih sementara (DPS) kepada masyarakat guna mendapatkan tanggapan atau masukan masyarakat.

Tepat pada tanggal 24 Maret 2018 secara serentak KPU Kabupaten Tuban melakukan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 20 Kecamatan Se Kabupaten Tuban. Pengumuman tersebut dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 328 Desa, dengan cara memasang atau menempel salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kantor Desa/Kelurahan, Balai RT/RW atau tempat-tempat strategis.

Kasmuri Divisi Perencanaan Dan Data KPU Tuban menjelaskan bahwa pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada masyarakat dimaksudkan agar masyarakat ikut serta secara aktif untuk memeriksa DPS dan jika menemukan kekeliruan data maka diharapkan memberikan tanggapan atau masukan agar Data DPS dilakukan perbaikan.

"Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini akan dilakukan selama 10 hari mulai tanggal 24 Maret 2018 - 2 April 2018; oleh karena itu penting sekali masukan atau usulan dari masyarakat terkait perbaikan DPS jika ada kekeliruan". Tutur Komisioner berkaca mata tersebut. Dalam memberikan tanggapan/masukan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS), masyarakat diminta mengisi formulir tanggapan masyarakat dan dilampiri salinan E - KTP. Sedangkan tanggapan bisa meliputi adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat, Perubahan elemen data maupun penambahan pemilih baru. (Zoro/Hupmas)