KELOMPOK DISABILITAS : KEMUDAHAN AKSES TPS PILGUB 2018


Sabtu, 24 Februari 2018

   Tampak suasana Sosialisasi Pilgub Jatim 2018 kepada kelompok disabilitas yang berlangsung hari ini (24/02/2018).

Tuban, Sabtu (24/02/2018) KPU Tuban melaksanakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 bersama kelompok disabilitas di Tuban yaitu ORBIT bertempat di Gedung Juang. Dalam acara ini Ibu Yayuk Dwi A.S selaku divisi SDM dan Parmas KPU Tuban menyampaikan materi tentang pemilu, Yayuk sangat mengapresiasi kelompok disabilitas yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara sosialisasi ini.

Dalam sesi tanya jawab, peserta menyampaikan kendala-kandala yang ditemui penyandang disabilitas yang akan memberikan hak suaranya di TPS, terutama kendala akses ke TPS. Dalam kesempatan tersebut, kepada seluruh peserta yang hadir diberikan cindra mata. Selanjutnya Yayuk juga memberikan simulasi saat melakukan pencoblosan di TPS, simulasi ini di lakukan langsung oleh Ketua ORBIT Vira Fitria dan dilanjutkan oleh beberapa anggota ORBIT yang lain.

Pada saat akhir acara Yayuk meminta kepada kelompok disabilitas untuk menggunakan hak suaranya sebaik mungkin dan sesuai dengan hati nurani mereka, karena suara mereka sanggat berperan untuk nasib Provinsi Jawa Timur 5 tahun kedepan. "Lima Menit Untuk Lima Tahun". (Ning)