KPU TUBAN GELAR SOSIALISASI PILGUB BERSAMA ORBIT


Sabtu, 24 Februari 2018

   Tampak peserta sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dari Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT).

Tuban, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban kembali menggelar sosialisasi tahapan Pilgub Jatim Tahun 2018 bagi penyandang disabilitas .Kali ini kegiatan diikuti puluhan anggota Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT), di Gedung Juang - Jalan Pramuka Tuban. Agenda ini merupakan kali kedua KPU Kabupaten Tuban memberi edukasi kepada penyandang disabilitas terkait tata cara pemilihan. Direncanakan sosialisasi semacam ini bakal terus berjalan hingga mendekati hari pemungutan suara pada 27 Juni 2018 mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Tuban Divisi SDM dan Parmas, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini mengatakan, pihaknya ingin menciptakan pesta demokrasi yang ramah disabilitas, dan semua kalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Tuban. "Kita ingin Pilgub Jatim 2018 ini jadi sarana edukasi demokrasi dan wisata politik, dan juga mengusung norma aksesibel untuk disabilitas. Makanya kita kerjasama dengan Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT), Menurutnya, meningkatkan pelayanan terhadap kaum disabilitas penting dilakukan, agar saat mereka datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah memahami teknis pencoblosan, sehingga menghasilkan kualitas Pilgub yang baik pula.

Dalam Acara itu juga digelar Peragaan atau simulasi tata cara mencoblos di dalam bilik suara, Yayuk juga mengatakan hal hal penting yang harus diperhatikan dalam mencoblos nanti yaitu pastikan surat suara sudah ada tanda tangan ketua KPPS setempat, pastikan Surat suara tidak rusak dan .lebih lanjut Yayuk berpesan dalam menggunakan hak pilih nanti gunakan dengan hati nurani dan jadilah pemilih yang cerdas pula. (Noor)