MANFAAT PLENO RUTIN TIAP SENIN LUAR BIASA.!!!


Senin, 25 Juli 2016



Tuban, Pertama kali menerima SE KPU RI Nomor 317/KPU/VI/2016 tanggal 13 Juni 2016 perihal Pelaksanaan Pleno bagi Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, terasa agak sedikit ganjil, karena hal tersebut merupakan kebijakan baru, karena sebelumnya Rapat Pleno yang sudah terbiasa dilakukan adalah Pleno Insidental dalam setiap Tahapan pemilu/kegiatan yang memerlukan keputusan. Pada awalnya SE tersebut menimbulkan prasangka "tidak enak" karena pleno kok wajib dan rutin seminggu sekali. Seiring berjalannya waktu, dan kini sudah berjalan 5 (lima) kali pleno rutin Senin kali ini (25/7/2016), ternyata manfaat dan dampaknya sangat luar biasa.

Yayuk Dwi Agus Sulistiorini menjelaskan akan manfaat istimewa pleno rutin ini. "Dengan pleno yang periodik ini mampu mengasah otak dalam menjalankan tugas dan kewajiban kita selaku penyelenggara pemilu, serta menepis anggapan sebagian orang bahwa KPU itu kalau tidak ada pemilu ya menganggur. Padahal itu tidak benar, kita punya banyak agenda tugas yang harus diselesaikan dalam tahun ini. Hal ini terbukti, kita bisa melaksanakan tugas dengan sistematika yang teratur, mulai dari perencanaan, realisasi, dan evaluasi. Nah dengan begitu sistematisnya maka segala sesuatu yang terprogram akan terealisasi dengan baik dan optimal," papar Yayuk. Lebih lanjut Yayuk mengungkapkan kegiatan-kegiatan apa saja yang ditarget diselesaikan dalam tahun ini antara lain :

  • Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan;
  • Pengarsipan dan mendokumentasikan data-data Hasil Pemilu dan Pilkada baik berupa Softcopy maupun Hardcopy;
  • Pendidikan pemilih kepada pemilih pemula dan Pra pemilih;
  • Penguatan kelembagaan dan SDM;
  • Penataan PPID;
  • Optimalisasi website KPU Tuban;
  • Sosialisasi internal UU Nomor 10 Tahun 2016 dan perubahan Peraturan KPU.

"Sebenarnya masih banyak agenda-agenda kadang bersifat insidental, nah dengan banyaknya agenda yang harus diselesaikan tersebut, maka demi mendapatkan hasil yang optimal tentu saja harus memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang matang. Melalui pleno rutin itulah wadah untuk berfikir bersama, berdiskusi, mengevaluasi, serta menetukan langkah selanjutnya adalah media yang paling cocok dan tepat sekali, jadi boleh dikatakan bahwa pleno rutin ini mempunyai manfaat yang luar biasa demi kemajuan lembaga kita." Pungkas Yayuk. (Yuk)