UJI PUBLIK USULAN DAPIL


Selasa, 13 Februari 2018

   Tampak suasana Uji Publik Usulan Penataan Dapil Pemilu 2019 yang berlangsung hari ini (13/02/2018).

Tuban, Sejumlah partai politik mengusulkan perubahan daerah pemilihan pada pemilu legislatif tahun 2019 mendatang, namun sebagian besar partai politik mengusulkan agar daerah pemilihan tetap seperti periode sebelumnya sebanyak lima daerah pemilihan. Hal itu yang disampaikan Salamun, komisioner KPU Kabupaten Tuban Divisi Teknis dalam acara Uji Publik Usulan Penataan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hall Kayu Manis Resto Jalan Basuki Rahmat Tuban.

Acara yang dihadiri oleh seluruh Ketua atau Sekretaris DPD/DPC Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2019, Ketua Panwaskab Tuban Masrukhin, serta dari stakeholder diantaranya, Bagian Administrasi Pemerintahan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Universitas Ronggolawe (UNIROW), Universitas Sunan Bonang (UNANG), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Maarif (STITMA) dan dari Ormas yakni HMI, PMII dan GMNI.

Dua Partai Politik yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan agar Dapil ditambah dari yang 5 dapil pada pemilu tahun 2014 menjadi 7 dapil untuk pemilu tahun 2019. Sedangkan 14 (empat belas) partai lain menghendaki dapil tetap seperti pada pemilu tahun 2014.

"Penyusunan usulan penataan daerah pemilihan Pemilu 2019 berdasarkan usulan dari parpol, mengacu pada regulasi KPU RI yaitu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU No 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD kabupaten/ kota dalam pemilihan umum," ungkap Kasmuri. "Juga berdasarkan Keputusan KPU RI no 18/PP.02-kpt/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD kabupaten/kota dalam pemilihan umum," tambahnya. (Noor)