SOSIALISASI PILBUP : KPU KAB. TUBAN KERJA SAMA DENGAN KOMISI A DPRD TUBAN


Kamis, 23 April 2015

Tuban, Dengan di undangkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang NO. 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang; serta dengan telah dikeluarkannya Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walokota, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban semakin memantapkan kegiatan sosialisasi kepada seluruh unsur lapisan masyarakat dengan harapan bahwa informasi mengenai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Tuban yang akan di gelar pada Tanggal 9 Desember bisa segera di ketahui oleh masyarakat secara luas.

Upaya-upaya optimalisasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tuban, dilakukan dengan berbagai macam metode diantaranya adalah menjalin kerja sama dengan pihak lain baik media elektronik maupun stakeholders lainnya. Salah satu bentuk kerja sama yang saat ini gencar dilakukan adalah kerja sama dengan Komisi A DPRD Kabupaten Tuban yaitu melalui kegiatan Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Tuiban dengan agenda sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2015 dan Administrasi Kependudukan.

Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Tuban Yayuk Dwi AS. Menjelaskan bahwa tujuan di jalin kerja-sama dengan lembaga lainnya adalah untuk mengoptimalkan upaya-upaya sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mempunyai pemahaman yang baik terkait dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan pada tahun 2015. Terkait kerja sama Sosialisasi dengan Komisi A DPRD Kabupaten Tuban; Yayuk Dwi AS menuturkan: “Kerja sama antara KPU Kabupaten Tuban dengan Komisi A DPRD Kabupaten Tuban merupakan hal yang sangat baik dalam rangka membangunan sinergitas dan kualitas penegakan Demokrasi di Bumi Wali; dimana pada tahun ini akan digelar suksesi kepemimpinan; sehingga diharapkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat”.

Secara terpisah Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Tuban Agung Supriyanto menjelaskan bahwa Kerja sama antara Komisi A DPRD Kabupaten Tuban dengan KPU Kabupaten Tuban di landasi bahwa saat ini Kabupaten tuban sedang menggelar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, sehingga sangat penting sekali untuk melakukan upaya-upaya dalam mensukseskan pesta demokrasi tersebut; terkait kerja sama dengan KPU kabupaten Tuban lebih dimaksudkan guna membantu KPU Kabupaten Tuban sebagai penyelenggara Pemilihan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Salah satu parameter keberhasilan pemilihan adalah dengan tingginya tingkat partisipasi pemilih; sehingga Kami berharap kerja sama sosialisasi ini mampu menekan angka “Golput” di masyarakat”. Tutur Agung S.

Lebih lanjut Agung Supriyanto menjelaskan bahwa Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Tuban dalam rangka sosialisasi Pilkada Serentak 2015 akan dilakukan di perwakilan Kecamatan tiap dapil yang ada di Tuban yang dihadiri oleh unsur Pemerintahan Desa. Agung S menuturkan: “dengan dilakukan sosialisasi kepada unsur pemerintahan desa maka diharapkan pemerintah desa dapat menyebarluaskan informasi terkait pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di bumi wali sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya”. tegasnya (Yuk)