KPU TUBAN SIAP TELADANI SOSOK HUSNI KAMIL MANIK


Selasa, 12 Juli 2016



Tuban, Berita duka meninggalnya pucuk pimpinan pengawal Demokrasi masih sangat melekat di hati Bangsa Indonesia, khususnya keluarga besar KPU. Kamis (7/7) sekira pukul 21.10 Wib di RS Pusat Pertamina, telah dipanggil kepangkuan Illahi Robbi putra terbaik bangsa penyelenggara Pemilu yang penuh integritas. Husni Kamil Manik, Ketua KPU RI telah berpulang meninggalkan kita semua. Namun kenangan sosok almarhum tidak akan pudar, dan bahkan dapat menjadi spirit dan suri tauladan bagi para penyelenggara pemilu khususnya jajaran KPU.

Banyak diberitakan media tentang ketokohan Almarhum yang patut dicontoh, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dirilis oleh merdeka.com yang mengenang Husni Kamil sebagai sosok yang baik dan teguh dalam sikap, serta prinsip untuk kebenaran dan demokrasi. Tjahjo juga tak ragu menyanjung mantan anggota KPU Sumbar tersebut sebagai sosok pekerja keras, "Hal ini terbukti dengan adanya Pilkada serentak berjalan lancar dan demokratis" kenang Tjahyo.

Masih terkait komentar kenangan kebaikan almarhum yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo yang juga dirilis merdeka.com. Menurut Jokowi, Husni Kamil sosok pekerja keras dan mempunyai integritas dalam melaksanakan Pemilu. Beliau, Saya melihat sangat bekerja keras dengan integritas yang sangat baik dalam menyelenggarakan, baik menyiapkan, melaksanakan Pilkada di daerah, kemudian pemilihan Bupati, kepala daerah, gubernur, kemudian juga pemilihan presiden," kata Jokowi di Solo, Jumat (8/7). Selain itu, menurut Jokowi, Husni juga sosok yang sederhana. "Dia adalah sosok yang sangat sederhana dan punya integritas tinggi," imbuh dia.

Dari pengalaman Husni Kamil sebagai pemantau Pemilu, tugas-tugas kepemiluan lekat dengan dirinya. Apalagi sejak lulus kuliah, dia makin mendekatkan diri dengan lembaga penyelenggara Pemilu. Pada pemilihan anggota KPU Sumatera Barat, dia terpilih sebagai anggota dalam dua periode berturut-turut, pada 2003-2008 dan 2008-2013.

Dengan melihat kiprah Almarhum sebagaimana telah dikisahkan dan disaksikan oleh tokoh-tokoh nasional, maka sudah selayaknya sikap beliau ini menjadi panutan bagi penyelenggara pemilu termasuk KPU Tuban. "kami siap untuk meneladani figur beliau, kiprah beliau, dengan melihat begitu banyak keberhasilan beliau dalam memimpin lembaga ini, maka tak perlu diragukan lagi bahwa kepemimpinan beliau memang patut untuk dicontoh. Kami siap melanjutnya perjuangan beliau" ungkap Kasmuri Ketua KPU Tuban berapi-api. (Yuk)