TOKOH MASYARAKAT DI TUBAN JADI SASARAN COKLIT KPU


Sabtu, 20 Januari 2018

   Tampak kegiatan Coklit yang dilakukan PPDP kepada Wakil Bupati Tuban; Noor Nahar Hussein (gambar kiri) dan KH. Mustain (gambar kanan) yang berlangsung hari ini (20/01/2018).

Tuban, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Coklit yang digelar serentak ini menyasar tokoh-tokoh masyarakat, agar masyarakat lain mengetahui tentang tahapan pemutakhiran data dan pelaksanaannya. Kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) identitas pemilik suara dilakukan secara serentak di 1,5 juta rumah di 31 provinsi pada Sabtu 20 Januari 2018 ini. Di kabupaten Tuban, Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum setempat melakukannya dengan mengunjungi sejumlah tokoh organisasi dan pejabat daerah.

Sasaran pertama adalah rumah wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein. KPU dan Panwaskab Tuban datang secara rombongan bersama dengan petugas pemutakhiran data pemilih setempat. Petugas PPDP langsung melakukan meminta e-KTP untuk pencocokan identitas pemilih dengan data yang tertera pada Daftar Penduduk Potensial Pemilih.

Setelah melakukan pengecekan dan penetian, petugas menyerahkan tanda bukti pendaftaran pemilih dan menempelkan stiker, sebagai bukti bahwa rumah tersebut telah dilakukan coklit. Wakil Bupati Tuban mengapresiasi KPU yang dinilai cepat dalam melakukan pemutakhiran data. Ia berharap, dengan coklit ini bisa menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas dan akurat.

Sasaran selanjutnya adalah rumah Ketua pimpinan cabang Nahdlatul Ulama Tuban, KH. Mustain. Tokoh NU Tuban ini juga memberikan penilaian positif terhadap kinerja KPU dan berharap pelaksanaan Pilgub Jatim berjalan dengan lancar dan aman.

Tak hanya itu, KPU Tuban melakukan coklit pada disabilitas. Agar apa yang menjadi kendala warga berkebutuhan khusus ini dalam pemilu juga bisa diakomodir. Tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih ini merupakan tahapan Pilgub Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 27 juni 2018 mendatang. Coklit ini akan berlangsung hingga tanggal 18 februari 2018. (PPK Tuban)