KPU JATIM LAKUKAN BIMTEK PENGELOLAAN DANA HIBAH


Kamis, 07 Desember 2017

   Tampak suasana Bimtek Pengelolaan Dana Hibah Pilkada Serentak 2018 yang berlangsung mulai hari ini (07/12/2017).

Surabaya, Dua Komisioner dan Sekretaris, PPK dan Bendahara KPU Tuban hadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, di Garden Palace Hotel Surabaya. Dalam sambutannya Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima memberikan arahan "para peserta diminta jangan bosan dan jenuh membaca peraturan". Menurut Sekretaris KPU Jatim ini, KPU telah menerima, mengelola, dan membelanjakan anggaran, yang selanjutnya harus dipertanggungjawabkan, Pertanggungjawaban bersifat wajib. Karena uang yang dikelola adalah uang negara, uang rakyat.

"Maka dari itu saya mohon kepada Bapak/Ibu untuk tidak bosan dan jenuh membaca peraturan", kata mantan Sekretaris KPU Jember ini. Dengan merasa jenuh dan bosan membaca peraturan secara psikologi akan membuat pengelola keuangan merasa sudah tahu, sudah paham, dan sudah mengerti. "Lalu apa akibatnya? Kita akan menggampangkan dan meremehkan. Dengan begini akan berdampak pada pertanggungjawaban keuangan yang tidak lengkap, tidak sesuai, dan tidak selesai. Sehingga nantinya ketika diaudit ada temuan," tegas Sekretaris KPU Jatim.

Tidak hanya membaca peraturan saja menurut Sekretaris KPU Jatim ini, namun lebih dari itu, saling bertukar pikiran terkait pengelolaan keuangan. Setelah pembukaan acara dan pengarahan dari Sekretaris KPU Jatim, acara dilanjutkan dengan coffee break, serta Materi 1 terkait Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Anggaran Hibah Pilgub Jatim Tahun 2018. Materi 1 ini disampaikan oleh Asisten Pidana Khusus, Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur. Berikutnya pada malam hari akan ada Materi II tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengelolaan Keuangan Anggaran Hibah Pilgub Tahun 2018, yang akan dipaparkan langsung oleh Inspektur KPU RI, Adiwijaya Bakti. (Guss)