PENYUSUNAN DAPIL PILEG 2019, KPU TUBAN HADIRI RAPAT KERJA


Jum'at, 06 Oktober 2017

   Tampak suasana Rapat Kerja Penyusunan Penataan Dapil Pemilu Legislatif 2019 yang berlansung hari ini (06/10/2017).

Lumajang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban hadir dalam Rapat Kerja Penyusunan Penataan daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu Legislatif Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur. Rapat Kerja yang dilaksanakan pada Jum'at, 6 - 7 Oktober 2017 tersebut di hadiri Ketua KPU Tuban Kasmuri dan anggota KPU Tuban divisi Teknis Salamun, bertempat di Kabupaten Lumajang. Rapat Kerja di Lumajang tersebut sesuai agenda akan membahas terkait penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi dalam pemilu legislatif tahun 2019 yang mana tahapannya sudah dilaksanakan oleh KPU.

Rapat Kerja dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Jawa Timur, Ketua, divisi teknis dan divisi perencanaan data KPU Kabupaten/Kota Sejawa timur. Acara dimulai dengan sambutan selamat datang dari Wakil Bupati Lumajang yang menyampaikan ucapan selamat datang di kabupaten Lumajang dan memperkenalkan potensi dan destinasi unggulan di bumi lumajang. Wakil Bupati juga menyampaikan permohonan maaf bila ada ketidaknyamanan selama hadir di Lumajang. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah yang dalam sambutannya juga mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Rapat Kerja.

Pada kesempatan tersebut Rapat Kerja secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito. Dalam sambutannya Eko Sasmito menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang dan KPU Kabupaten Lumajang karena telah difasilitasi pelaksanaan kegiatan KPU Provinsi pada hari ini. Lebih lanjut Eko Sasmito menjelaskan maksud dan tujuan Rapat Kerja adalah untuk merespon berbagai tahapan yang telah dilakukan oleh KPU baik dalam tahapan Pemilihan Tahun 2018 maupun Pemilu Tahun 2019. Diantara tahapan yang akan dilaksanakan kedepan adalah tahapan penyusunan dan penetapan Daerah Pemilihan. Sehingga Rapat Kerja dimaksudkan untuk membahas terkait kesiapan KPU Kabupaten/Kota dalam menyusun dan menata dapil.

Salamun anggota KPU Kabupate Tuban yang membidangi penataan Dapil menjelaskan bahwa sesuai peraturan KPU RI No. 7 Tahun 2017 tahapan penataan dan penetapan dapil akan dimulai pada bulan Desember 2017 sehingga Rapat Kerja pada hari ini (6/10) di Lumajang sangat bermanfaat bagi KPU Kabupaten Tuban dalam menambah pengetahuan teknis penyusunan penataan Dapil di Kabupaten Tuban. (Guss)