KPU TUBAN GELAR SOSIALISASI PENDAFTARAN, VERIFIKASI FAKTUAL PARPOL CALON PESERTA PEMILU 2019 DAN PENGGUNAAN SIPOL


Senin, 02 Oktober 2017

   Tampak suasana Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 dan Tata Cara Penggunaan SIPOL yang berlangsung hari ini (02/10/2017).

Tuban, Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 bahwa pada tanggal 3 s/d 16 Oktober 2017 dilaksanakan pendaftaran partai politik dan penyerahan syarat pendaftaran serta penerimaan kelengkapan dokumen persyaratan. Maka dari itu sebelum tahapan tersebut KPU Tuban melaksanakan sosialisasi pendaftaran, verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu 2019 dan tata cara penggunaan Sipol kepada partai politik yang ada di Kabupaten Tuban pada hari Senin (2/10) yang bertempat di Ruang rapat lantai 2 Kantor KPU Tuban. Selain dihadiri Ketua dan Sekretaris Parpol acara ini juga dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Tuban dan Kesbang Kabupaten Tuban.

Dalam laporannya Suratman yang mewakili Sekretaris karena menghadiri rapat di KPU Provinsi, menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik mengenai mekanisme pendaftaran, verifikasi partai politik hingga penetapan sebagai calon peserta pemilu Tahun 2019. Sedangkan Tujuan dari dilaksanakannya acara ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada partai politik calon peserta pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Tuban agar mempersiapkan hal -hal yang diperlukan dalam melengkapi persyaratan dalam pendaftaran dan verifikasi sesuai dengan aplikasi Sipol, sehingga partai politik dapat mempertanggungjawabkan kesesuaian data secara administrasi maupun faktual di lapangan.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dibuka oleh Ketua KPU Tuban Kasmuri, SE. Dalam sambutannya beliau mengatakan dengan dimulainya tahapan pemilu maka semua stake holder sudah harus bersiap diri menyongsong jalannya pesta demokrasi serta maksud dari acara ini juga untuk menyamakan persepsi agar semua pihak bekerja dengan nyaman sesuai dengan tupoksi masing - masing, KPU Tuban juga mengharap dukungan para stake holder agar penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Tuban berjalan lancar, aman, tertib dan demokratis.

Sebelum materi yang disampaikan oleh H. Fatkul ihsan Komisioner KPU Tuban Divisi hukum mengenai pendaftaran, verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu 2019 dan tata cara penggunaan Sipol, Ketua Panwaskab Tuban menyampaikan bahwa harapanya agar Pemilu 2019 nanti dapat melakukan pengawasan yang berintegritas, berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat agar demokrasi dapat diterima oleh semua pihak, berkualitas dan berkeadilan. (Guss)