MENYAPA CALON PEMILIH PEMULA DENGAN MENJADI PEMBINA UPACARA


Senin, 02 Oktober 2017

   Tampak komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas; Yayuk Dwi Agus Sulistiorini saat menjadi pembina Upacara di SMA Negeri 5 Tuban hari ini (02/10/2017).

Tuban, Senin (2/10/2017) KPU Kab. Tuban kembali menyapa calon pemilih pemula yang kali ini bertempat di SMA Negeri 5 Tuban Jl. Raya Bektiharjo dengan menjadi Pembina Upacara. Yayuk Dwi Agus Sulistiorini divisi SDM dan PARMAS yang hadir pada kesempatan kali ini menyampaikan rasa terima kasih pada pihak sekolah yang telah berperan aktif dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut Yayuk menyatakan bahwa kebiasaan berdemokrasi memang harus diawali dari lingkungan terkecil untuk menumbuhkembangkan kebiasaan secara nasional. "Kebiasaan berdemokrasi harus diawali dari lingkungan terkecil dan sedini mungkin dikenalkan pada anak-anak. "kata Yayuk penuh semangat. Selain menyampaikan tentang pentingnya demokrasi, Yayuk juga menyampaikan tahapan Pilkada, yang nantinya dapat diadopsi anak-anak dalam melaksanakan PEMILOS besok. "Anak-anak harus tahu bagaimana tahapan Pilkada, dan ketika hal itu sudah diaplikasikan dalam lingkungannya, maka pemahaman tentang kepemiluan akan mnjadi "matang". imbuhnya.

Dan yang tak pernah ketinggalan dalam penyampaian pendidikan pemilih, adalah bagaimana menjadi pemilih pemula yg cerdas, sehingga ketika nanti tiba saatnya menjadi pemilih beneran dalam Pilkada/Pemilu, mereka sudah benar-benar siap.

Untuk menjadi pemilih yang cerdas minimal ada 3 hal yang harus dilakukan : 1. Memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih (aktif memantau). 2. Mencermati visi misi pasangan calon untuk mendapatkan pilihan yang tepat, 3. Datang ke TPS dengan sukarela tanpa mengharap imbalan (memahami pentingnya menggunakan hak pilih). "Kalau minimal 3 hal tersebut dapat dilakukan oleh pemilih pemula, maka Insya Alloh nanti ke depannya mereka akan benar-benar menjadi pemilih yg cerdas. "pungkasnya. (Hupmas)