3 PILAR PENTING DALAM PENINGKATAN PARMAS PEMILU


Selasa, 19 September 2017

   Tampak suasana kunjungan para mahasiswa FISIP Unirow yang berlangsung hari ini (19/09/2017).

Tuban, Lebih dari 30 Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas PGRI Ronggolawe ( UNIROW ) Tuban mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Tuban dan diterima langsung Yayuk Dwi Agus Sulityorini divisi SDM dan Parmas dan Salamun Divisi Teknis di lantai 2, menurut Moh. Ainul Makhasin ketua Himaikom dalam sambutanya mengatakan bahwa kedatanganya bersama 30 Mahasiswa yang lain tujuanya adalah belajar bagaimana mengenal dan memahami mengenai Proses Pemilihan Umum secara benar dan baik dan juga tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu.

Dalam sambutanya bu Yayuk mengatakan bahwa ada tiga pilar penting dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu baik itu Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden maupun Pemilu Kepala Daerah yaitu Penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu dan Pemilih, semaksimal apapun penyelenggara (KPU) melakukan sosialisasi tanpa dukungan unsur atau pihak lain (peserta pemilu dan pemilih) maka partisipasi masyarakat juga kurang maksimal.

Lebih lanjut Bu Yayuk mengatakan, dengan demikian dalam turut berpartisipasi pada proses pemilihan umum sebagai masyarakat yang cerdas kita harus mampu menilai calon yang terbaik yang sekiranya mampu dan mau mendengarkan aspirasi masyarakat agar pembangunan yang akan dilakukan sesuai dengan keinginan masyarakat. Sebaliknya tidak memilih calon yang hanya mementingkan diri sendiri atau kelompoknya saja sehingga melupakan janji-janji yang sudah diucapkan dalam masa kampanye, begitu juga kita sebagai pemilik hak memilih dalam pemilu kita jangan sampai menyia-nyiakan hak suara hanya untuk iming-iming sementara yang dalam artian kita harus memberikan suara kita kepada calon yang tepat.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, 30 mahasiwa UNIROW itu juga langsung mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Lontar dan di pandu langsung oleh bu Yayuk, semuanya di jelaskan dengan detail oleh Bu Yayuk, seperti biasa sebelum meninggalkan RPP mereka berselfi bersama sebagai dokumentasi kunjungan mereka di RRP Lontar KPU Kabupaten Tuban. (Noor)