KPU TUBAN KUNJUNGI PILKASIS SMPN 3


Kamis, 24 Agustus 2017

   Tampak rangkaian kegiatan Pilkasis yang berlangsung di SMPN 3 Tuban hari ini (24/08/2017).

Tuban, Ditemui langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 3 Tuban Mat Sa'roni (24/8) diruang kerjanya, sebelum melihat secara langsung pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis), Komisioner KPU Tuban Yayuk Dwi A.S dan Nur Hakim, memuji SMPN 3 yang telah belajar tentang berdemokrasi dengan melaksanakan pilkasis secara langsung dan ini akan memberikan edukasi tentang proses demokrasi yang paling sederhana kepada peserta didik.

Menurut Mat Sa'roni pria asal perumnas Tasikmadu Palang yang dulu juga pernah berkecimpung di dunia Pemilu sebagai PPS, Kami mencoba untuk melaksanakan semirip mungkin dengan pemilu yang dilakukan oleh KPU seperti menyediakan tinta celup untuk jari dan surat suara selain fasilitas yang dipinjami oleh KPU Tuban berupa kotak dan bilik suara. Dalam Pilkasis tahun ini diikuti oleh 3 (tiga) pasangan kandidat, yaitu memilih Ketua Umum, Ketua I dan Ketua II, selama tahap pencalonan Alhamdulillah berjalan lancar walaupun terasa agak alot dalam menentukan pasangan calon yang akan maju.

Dari pantauan Komisioner KPU Tuban di TPS 1, TPS 2 dan TPS 3 ada sekitar 693 pemilih yang bisa menggunakan hak pilihnya yang terdiri dari guru, karyawan/karyawati, dan siswa-siswi. Proses pemungutan suara diawali dengan pemanggilan pemilih berdasarkan absen atau daftar kehadiran. Selanjutnya pemberian surat suara sebelum menuju ke bilik suara. Sebelum mengakiri kunjungannya KPU Tuban menyampaikan kepada Kepala Sekolah agar untuk mengembangkan pengetahuan tentang berdemokrasi dan kepemiluan para siswa dipersilahkan untuk mengunjungi RPP Lontar KPU Tuban agar nantinya mereka belajar sekaligus untuk menambah ilmu pengetahuan tentang pemilu dan sejarah pemilu di Indonesia, agar kedepanya akan menjadi pemilih yang cerdas. (Guss)