KPU TUBAN SIMULASIKAN METODE SAINTE LAGUE KEPADA JAJARAN SEKRETARIAT


Rabu, 16 Agustus 2017

   Tampak suasana Kajian Rutin Reboan yang berlangsung hari ini ( 16/08/2017).

Tuban, Menjelang pelaksanaan Pemilu Nasional 2019 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban mulai melakukan sosialisasi dan sekaligus mensimulasikan cara penghitungan perolehan kursi partai politik dengan metode sainte lague sebagaimana tertuang dalam salah satu pasal Undang-Undang Pemilu baru yang telah disahkan.

Ketua KPU Tuban Kasmuri sekaligus narasumber acara kajian Rabu (16/8) menyampaikan bahwa, karena ini sesuatu yang baru maka sengaja dilakukan pada lembaga yang dipimpinnya terlebih dahulu untuk mendapatkan pemahaman yang sama dalam memaknai aturan baru yang memang belum dipahami oleh personil di Sekretariat KPU Tuban. Harapan beliau semua jajaran sekretaiat semuanya tanpa kecuali harus bisa dan paham semua aturan yang nantinya akan diterapkan pada Pemilu Nasional 2019.

Dalam metode sainte lague penentuan perolehan jumlah kursi anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Partai Politik Peserta Pemilu dilakukan dengan cara membagi jumlah seluruh suara sah setiap Partai Politik dengan bilangan pembagi yang bersifat tetap di daerah pemilihan yang bersangkutan, bilangan pembagi yang bersifat tetap tersebut adalah berupa angka ganjil 1,3,5,7,9,11, dan seterusnya. Perolehan jumlah kursi Partai Politik Peserta Pemilu dilakukan dengan cara merangking suara tertinggi dari tiap-tiap hasil pembagian perolehan suara sah masing-masing Partai Politik bersangkutan oleh angka utuh sampai kursi terbagi habis sesuai dengan yang disediakan. (Guss)