KPU TUBAN GELAR SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN


Kamis, 03 Agustus 2017

   Suasana rapat sosialisasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang berlangsung hari ini (03/08/2017).

Tuban, Sesuai Surat Edaran KPU RI No. 176/KPU/IV/2016 Tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih berkelanjutan hari ini (3/8) KPU Kabupaten Tuban menggelar acara Sosialisasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dengan mengundang para Kepala Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas se Kabupaten Tuban. Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dibuka oleh Moderator H. Fatkul Iksan Komisioner KPU Tuban Divisi hukum, dan dilanjutkan sambutan Bpk. Nur Hamid dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, dalam sambutannya beliau menyampaikan agar para Kepala Sekolah SMP, SMA mendukung program pemutakhiran data dari KPU Tuban ini agar Pemilu kedepannya semakin baik, itulah kenapa dipilih para pendidik yang menjadi sasaran sosialisasi karena objek pemilih pemula yang paling banyak terdapat di sekolahan yang telah berusia 17 tahun.

Selanjutnya Ketua KPU Tuban Kasmuri, SE. dalam menyampaikan materi pendataan pemilih pemula menyampaikan bahwa agenda ini merupakan kebijakan dari KPU RI dan berlaku bagi semua KPU di seluruh Indonesia untuk mendata pemilih pemula yang saat ini masih duduk di bangku sekolah menengah atas agar bisa terfasilitasi dan terdaftar sebagai pemilih pemula. Biasanya pemutakhiran daftar pemilih dilaksanakan pada saat akan ada pemilu tapi saat ini pemutakhiran daftar pemilih dilasanakan secara berkelanjutan meskipun tidak ada pemilu jadi setiap tahun dilaksanakan. Pak Kasmuri menyampaikan juga kenapa pendataan pemilih pemula sangatlah penting, karena Pemilih Pemula belum mempunyai pengetahuan memadai tentang makna penting pemilu sehingga cenderung apatis, labil dll dan rawan tidak terdaftar sebagai pemilih dan juga di Tahun 2015 pemilih pemula di kabupaten Tuban berjumlah 17.764 jiwa dan diperkirakan pada Tahun 2017 ini jumlahnya akan semakin meningkat maka dari itu Lembaga pendidikan harus mengambil peran karena pentingnya pemilih pemula ini.
   Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Tuban; Bpk. Nur Hamid (ketiga dari kiri) saat memebrikan sambutan pada acara sosialisasi Pemutakhiran
   Daftar Pemilih Berkelanjutan yang berlangsung hari ini (03/08/2017).


Sebelum ditutup dengan tanya jawab dan diskusi Bu yayuk dari divisi parmas menyampaikan materi tentang pendidikan pemilih pemula berkesinambungan, disampaikan oleh beliau bahwa KPU Tuban akan melanjutkan program yang telah lama vakum yaitu kelas pemilu dan mendatangi sekolah - sekolah dengan menjadi pembina upacara harapanya anak-anak usia sekolah yang telah berusia 17 Tahun mempunyai kesadaran sendiri untuk mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum sebagaimana yang telah disimulasikan pak Kasmuri cara untuk ngecek nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih melalui https://data.kpu.go.id/dpt2015.php Tujuan dilaksanakannya acara ini tidak lain adalah juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di Kabupaten Tuban karena turunnya tingkat pertisipasi pemilih pada Pilkada Tuban 2015 lalu. (Guss)