MUTARLIH BERKELANJUTAN...E-KTP DAN SUKET UNTUK PEMILU NASIONAL SERENTAK 2019


Selasa, 01 Agustus 2017

   Tampak pegawai KPU Tuban; Bowo (kiri) menerima Formulir Tanggapan dan Masukan Mutarlih dikantor KPU Tuban hari ini (01/08/2017).

Tuban, Salah satu tahapan Pemilihan Umum (pemilu) yang krusial adalah kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih. Sorotan masyarakat dan peserta pemilu yang muncul dari Penyelenggaraan Pemilihan Umum adalah terkait dengan penyusunan daftar pemilih seperti tingkat validitas data pemilih, banyaknya pemilih tambahan yang tidak masuk tercantum dalam daftar pemilih , warga yang meninggal dunia ataupun pemilih pindahan antar daerah yang belum dilakukan sinkronisasi sehingga muncul Sebagai pemilih ganda.

Hal ini menjadi dasar Kasmuri ketua KPU Kabupaten Tuban dalam menggerakkan para pegawai staf secretariat KPU Kabupaten untuk membantu hal tersebut untuk menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Nasional Serentak Tahun 2019 dengan cara membagikan formulir tanggapan dan masukan masyarakat yang terlampir dalam surat KPU RI Nomor 176/KPU/IV/2016 Tanggal 6 APRIL 2016 Perihal Pemutahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

Hal yang menjadi kendala mengenai administrasi kependudukan di wilayah Kabupaten Tuban antara lain masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik karena adanya kekurangan blangko E-KTP. Berdasarkan Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, instansi yang berhak mengeluarkan surat keterangan domisili adalah Kantor Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten bagi warga yang belum memiliki KTP Elektronik, yang merupakan salah satu syarat yang penting sebagai pemilih dalam pemilu nanti. (Noor)