PELATIH TIM BOLA VOLI KPU TUBAN MELAKSANAKAN CUTI


Jum'at, 14 Juli 2017

Tuban, Pada Jumat Sehat kali ini (14/07/2017), Pegawai Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban melakukan permainan Olah Raga Bola Voli di komplek Gedung Olah Raga Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban tanpa pelaih Kak Cus, ini karena Sang Pelatih sedang melaksanakan cuti.

Sebelum melaksanakan kegiatan, seperti biasanya selalu diawali dengan doa sejenak memohon kepada Alloh SWT agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan selamat serta menjadikan sehat wal afiat semuanya, seperti biasa dipandu ustad H. Fatkul Iksan, SH.

Selanjutnya tanpa komando para pegawai dan komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban melaksanakan latihan yang secara teori telah diberikan Sang Pelatih sebelumnya, yang antara lain contoh gerakan-gerakan dan latihan menggeser kaki, cara melakukan servis, membendung serangan lawan, trik trik mengoper dan mengumpan bola serta cara melakukan smash.
   Gambaran teori Gerakan Service bawah.

Service Bawah
Service bawah adalah cara melakukan pukulan permukaan dari petak service dengan memukul bola dengan tangan dari bawah sebagai usaha menghidupkan bola dalam permainan (Aip Syarifuddin, 1997 : 70).Service bawah merupakan service yang dilakukan dengan tangan bawah, siku diluruskan dan ayunan tangan dari belakang ke depan melalui samping badan, salah satunya tangan memegang bola dan bola tersebut dilambungkan baru dipukul. Service ini sangat populer dan sering dilakukan oleh pemain pemula. Yang perlu diperhatikan dalam service antara lain :
  -   Sikap badan dan pandangan,
  -   Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan,
  -   Saat kapan harus memukul bola.
   Gambaran teori membendung bola lawan (Bloking).

Blocking
Membendung (Bloking) adalah bentuk gerakan seseorang atau beberapa orang pemain yang berada didekat net/pemain depan (Aip Syarifuddin, 1997 : 58). Tujuan untuk menutupi atau membendung datangnya bola dari lapangan lawan, caranya dengan menjulurkan kedua tangan ke atas dengan ketinggian yang kanan lebih tinggi dari tepian atau bibir net.

Selama melakukan blocking perhatian harus terus menerus kepada bola, posisi smasher terhadap bola dan pendangan mata dari pada smasher. Untuk menyesuaikan terhadap arah datangnya smash, maka perlu mengadakan langkah atau step ke samping kiri atau ke kanan dengan maksud agar setiap saat dapat melompat ke atas untuk melakukan blocking.
  -   Jongkok, bersiap untuk melompat,
  -   Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas,
  -   Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.
Block ada dua macam
  -   Block Tunggal
  -   Block Ganda
Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.

Walaupun tanpa pelatih, latihanpun dilakukan dengan semangat yang luar biasa sampai lupa kalau umur sudah tua alias tidak muda lagi. Latihanpun terus dilanjutkan hingga selesai pukul 08.00 WIB, dilanjutkan sarapan bersama. (Rat)