KPU TUBAN LANJUTKAN SOSIALISASI PKPU NOMOR 3 TAHUN 2017 KEPADA JAJARAN SEKRETARIAT


Kamis, 06 Juli 2017

   Tampak komisioner KPU Tuban divisi Teknis; Salamun, SE (ke-4 dari kiri) saat menyampaikan materi PKPU nomor 3 Tahun 2017 pada diskusi
   lanjutan membahas PKPU Pilkada 2018 hari ini (06/07/2017).


Tuban, Tuban, Pagi ini tepat pukul 09.00 wib Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban melanjutkan acara sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) yang menjadi acuan teknis terkait penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Komisioner KPU Tuban H. Fatkul Iksan , SH pada pembukaan acara ini menyampaikan bahwa, sosialisasi kali ini membahas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota. Pada dasarnya pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur adalah wewenang KPU Provinsi akan tetapi di KPU Kabupaten/Kota ada tahapan terkait pencalonan yaitu verifikasi faktual dukungan dan sebaran calon perseorangan.
   Suasana diskusi lanjutan membahas PKPU Pilkada 2018 hari ini (06/07/2017).

Pada kesempatan kali ini sosialisasi PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan disampaikan oleh Komisioner KPU Tuban divisi Teknis Salamun, SE. Pada pembahasan Bab II tentang persyaratan calon dan pencalonan terlihat begitu sangat serius karena pada tahapan pencalonan di setiap event pemilu adalah hal yang harus sangat dicermati bagi penyelenggara, oleh sebab itu bagi jajaran sekretariat diharapkan menguasai betul perihal persyaratan calon dan formulir yang digunakan dalam pencalonan. Maka dari itu pada sesi tanya jawab kali ini lebih banyak pertanyaan dari pasal per pasal PKPU No. 3 ini oleh teman-teman sekretariat, saking semangatnya waktu tidak terasa sudah melewati pukul 11.00 wib dan seperti biasa acara ditutup dengan kesimpulan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kasmuri, SE. (Guss)