KPU TUBAN HADIRI RAKERNIS PENGELOLA KEUANGAN


Selasa, 20 Juni 2017

   Sekretaris KPU Prov. Jawa Timur; HM. E. Kawima (kiri) saat menyampaikan sambutan pembukaan Rapat Kerja Teknis hari ini (20/06/2017).

Tuban, (Selasa 20/6) Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2018, KPU Provinsi Jawa Timur melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bagi Bendahara dan Pengelola Keuangan di lingkungan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Rakernis ini dihadiri oleh 1 (satu) orang Pejabat Pengelola Keuangan (PPK / PPSPM) dan 1 (satu) orang Bendahara. Dan dari KPU Kabupaten Tuban dihadiri oleh Kusno Nugroho selaku PPK dan Parno Wibowo selaku staf pengelola keuangan.

Rakernis dijadwalkan akan dilaksanakan mulai jam 1 siang di ruang rapat lantai II kantor KPU Jatim sampai dengan selesai. Akan ada beberapa materi dalam Rakernis ini diantaranya mengenai mekanisme hibah dan pertanggungjawaban hibah daerah. Mekanisme hibah akan disampaikan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Surabaya 1. Sedangkan materi pertanggungjawaban hibah daerah disampaikan Kasubbag Perbendaharaan Barang dan Jasa, Biro Keuangan KPU RI, Fikri Errydian Syahidi. Rakernis ini dipandang perlu karena bendahara KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota sebagai pemegang uang di satuan kerja, banyak yang belum memiliki sertifikat bendahara.

Menurut Kepala Subbagian (Kasubbag) Keuangan KPU Jatim, Yulyani Dewi Rakernis ini selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bendahara, sekaligus sebagai media silaturahmi pengelola keuangan di KPU Provinsi dengan Kabupaten/ Kota. "Kita ingin menyampaikan kepada Kabupaten/ Kota bahwa pengelola keuangan ini adalah teamwork", termasuk di dalam pilkada nanti. Dengan keakraban, kekompakan dan visi misi yang sama diharapkan dapat menghindari kecurangan. (Guss)