JUM'AT MUBARAK NGAJI BARENG KPU TUBAN


Jum'at, 16 Juni 2017

   Suasana ngaji Jumat Mubarok yang berlangsung hari ini (16/06/2017).

Tuban, Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Yang telah berkenan memberi petunjuk, kekuatan dan kesehatan kepada keluarga besar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban sehingga dapat melaksanakan pengajian rutin setiap Jumat khusus pada bulan Ramadlan yang mengusung tema kali ini tentang : "Zakat Fitrah", itulah sambutan pemubukaan yang disampaikan oleh Ustad H. Fatkul Iksan, SH. Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban Divisi Hukum pada acara pengajian Jum'at Mubarak (16/6).

Lebih lanjut Ustad H. Fatkul Iksan, SH menyampaikan zakat merupakan bagian penting dalam kehidupan umat Islam. Bahkan pada masa Khalifah Abu Bakar As-Siddiq orang-orang yang enggan berzakat diperangi sampai mereka mau berzakat. Itu karena kewajiban berzakat sama dengan kewajiban mendirikan sholat. Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak, tua dan muda, pada awal bulan ramadhan sampai menjelang idul fitri. Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok yang dibayarkan sebanyak 3,5kg. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa atau menyucikan diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin. Terdapat beberapa waktu yang diperbolehkan dalam membayar zakat fitrah baik itu yang wajib, sunnah, makruh, dan haram antara lain sebagai berikut: Wajib yaitu dari bulan ramadhan sampai terakhir bulan Ramadhan, Waktu yang wajib adalah pada saat terbenamnya matahari pada penghabisan bulan Ramadhan (malam takbiran), Waktu Sunnah, yaitu dibayarkan sesudah shalat subuh, sebelum pergi shalat ied, Waktu makruh, yaitu membayar zakat fitrah sesudah shalat ied, tetapi belum terbenam matahari pada hari raya idul fitri, Waktu Haram, yaitu membayar zakat fitrah setelah terbenam matahari pada hari raya Idul Fitri.

Kemudian sebelum mengakhiri tausiahnya beliau menyampaikan juga beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan Zakat Fitrah yaitu Orang yang wajib dibayarkan zakat fitrahnya adalah seluruh dari anggota keluarga dan orang yang ditanggungnya, Bayi yang lahir sebelum waktu magrib tanggal 1 syawal wajib dizakati. Termasuk wanita yang dinikahi sebelum waktu magrib tanggal 1 syawal wajib dizakati oleh suaminya, Orang yang berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah untuk diri dan keluarganya adalah mereka yang punya kelebihan makanan di hari idul fitri, waktu pengeluaran adalah malam hari sampai dengan menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri dan Zakat fitrah berupa makanan pokok masyarakat setempat. Sesi tanya jawab, diskusi dan juga dialog interaktif yang sangat hangat menjadi penutup acara ngaji bareng pada pukul 10.30 WIB. (Guss)