KPU TUBAN LAKSANAKAN BIMTEK DAN SIMULASI BAGI PETUGAS RPP LONTAR


Rabu, 14 Juni 2017

   Tampak para calon Pemandu RPP Lontar mempraktikkan cara mendampingi pengunjung RPP (gambar atas), Komisioner KPU Tuban divisi SDM
   dan Parmas; Yayuk Dwi Agus, SH, MH menyampaikan materi tentang SOP Pengelolaan RPP (gambar bawah) hari ini (14/06/2017).


Tuban, Dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang mengunjungi Rumah Pintar Pemilu "Lontar" KPU Kabupaten Tuban, hari ini Rabu 14 Juni 2017 dipimpin Yayuk Dwi A. S., SH Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat dilaksanakan Bimbingan Teknis sekaligus Simulasi bagi petugas RPP Lontar.

Bimtek dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, Peserta bimtek kali ini adalah seluruh karyawan KPU Kabupaten Tuban sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU Tuban No.07/Kpts/KPU Kab - 014329920/2017 tentang Tim Pengendali, Pengelola dan Pemandu rumah Pintar Pemilu "Lontar" Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban. Dalam arahannya Yayuk Dwi A.S. lebih menekankan kepada uraian tugas Tim pemandu yaitu bagaimana mereka mengarahkan dan memberikan panduan kemana para tamu menuju suatu tempat yaitu Rumah Pintar Pemilu, serta cara mengucapkan salam serta menyapa dengan sangat ramah para tamu RPP sebelum masuk ke Ruang RPP Lontar, dan tak lupa dilatih pula cara mengucapkan salam serta terimakasih kepada para tamu sebelum meninggalkan RPP Lontar. Disamping itu para pemandu RPP harus menguasai materi tentang kepemiluan seperti menjelaskan apa yang ada di display dalam RPP dan selalu siap menjadi pendamping para tamu dalam permainan/games tentang simulasi kepemiluan serta pencoblosan surat suara di TPS.

Sebelum mengakhiri acara ini para peserta diajak untuk melakukan simulasi di Ruang RPP Lontar, disini ada yang bertugas sebagai pemandu dan adapula yang bertugas menjadi tamu RPP. Sebelum memulai simulasi para petugas di latih untuk bagaimana cara mengoprasionalkan peralatan elektronik seperti TV dan Sound System yang ada di Ruang RPP Lontar. Kelihatan sangat bersemangat sekali para petugas yang di bimtek hari ini, sehingga harapan kedepannya RPP Lontar KPU Tuban bisa menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tuban dalam mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kepemiluan, memberikan pengetahuan yang lebih lengkap kepada para pemilih pemula sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serta petugas yag nantinya terlibat dalam pengendali RPP Lontar agar benar- benar memahami tugas dan fungsinya serta bertanggungjawab penuh atas pelaksanaan tugasnya. (Guss)