KPU TUBAN LAUNCHING "KAJIAN RUTIN DEMOKRASI DAN KEPEMILUAN"


Selasa, 13 Juni 2017

   Suasana Kajian Rutin Demokrasi dan Kepemiluan hasil kerjasama KPU Tuban dengan HMI Tuban yang berlangsung hari ini (13/06/2017).

Tuban, KPU Kabupaten Tuban menggelar acara launching Kegiatan Kajian Rutin Demokrasi dan Kepemiluan yang merupakan hasil kerja sama dengan kelompok mahasiswa yang ada di Kabupaten Tuban. Launching digelar diruang pertemuan lt. 2 KPU Kabupaten Tuban (13/6) dan dihadiri seluruh Komisioner dan Sekretariat KPU Kabupaten Tuban serta kelompok mahasiswa dari beberapa elemen.

Kajian Demokrasi dan Kepemiluan secara resmi dilaunching oleh Kasmuri Ketua KPU Kabupaten Tuban. Dalam sambutannya Kasmuri menjelaskan bahwa kegiatan kajian demokrasi dan kepemiluan merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara KPU Tuban dengan Kelompok Mahasiswa yang dilakukan pada tanggal 24 Mei 2017. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan pendidikan pemilih pada segmen mahasiswa dan yang terpenting dengan kegiatan ini, KPU Kabupaten Tuban berharap akan mampu melahirkan generasi muda Creative Minority yang sadar pemilu dan mampu menciptakan transformasi kesadaran kepada masyarakat sekitarnya. "Kami berharap bahwa kegiatan kajian demokrasi dan Kepemiluan ini kedepan bisa diikuti oleh banyak unsur kelompok mahasiswa baik organisasi intra kampus maupun ekstra kampus", imbuh Kasmuri.

Sesuai dengan hasil kesepakatan kerja sama sebelumnya bahwa kegiatan Kajian Demokrasi dan Kepemiluan akan dilaksanakan tiap bulan sekali dengan mengusung tema tentang demokrasi dan kepemiluan; maka pada waktu acara launching sekaligus dilaksanakan kajian perdana dengan mengambil tema : "Fenomena GOLPUT dalam Perspektif Hukum dan Agama" dengan menghadirkan Nara sumber H. Fatkul Iksan, SH dan Nangky Suseno, SH. Tampak Jalannya Diskusi berjalan dengan interaktif, para mahasiswa tampak antusias dan kritis terhadap materi yang disampaikan narasumber hingga adzan magrib berkumandang dan di akhiri dengan berbuka puasa bersama.

Agus Setyono Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Tuban ditengah berbuka puasa menyampaikan bahwa untuk kajian yang pertama ini baru dihadiri oleh dua kelompok mahasiswa yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Tuban dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Tuban. "Pada Kajian bulan depan (Juli) kami berharap akan semakin banyak pesertanya sehingga akan semakin banyak generasi muda yang peduli pemilu", tutur Agus sambil menyantap menu berbuka puasanya. (Guss)