LANJUTKAN BAHAS DAPIL, KPU TUBAN SIMULASIKAN PEMBENTUKAN DAPIL


Rabu, 07 Juni 2017

   Komisioner KPU Tuban divisi Teknis; Salamun, SE (ke-2 dari kiri) saat menyampaikan materi dalam diskusi Reboan hari ini (07/06/2017).

Tuban, Setelah minggu lalu KPU Kabupaten Tuban bahas teknis pembentukan daerah pemilihan (dapil), hari ini (7/6) lembaga penyelenggara pemilu tersebut lanjutkan pembahasan dengan mensimulasikan tata cara pembentukan dapil dan penentuan jumlah kursi di dapil tersebut.

Adalah Salamun,SE. Divisi teknis penyelenggaraan pemilu KPU Tuban yang bertugas sebagai narasumber dalam acara simulasi tersebut, dalam paparannya pria asal kecamatan Semanding tersebut menyampaikan, sebelum menentukan dapil kama harus menentukan dulu total jumlah kursi DPRD kabupaten dengan berpedoman pada UU Pemilu dan Peraturan KPU, dalam hal ini sesuai ketentuan yang lama, jika suatu kabupaten atau kota yang penduduknya berjumlah satu juta atau lebih maka alokasi kursinya sebanyak 50 kursi, hal ini cocok dengan kondisi kabupaten Tuban yang mana jumlah penduduknya saat ini sekitar 1 juta lebih. Lebih lanjut pak Mun menjelaskan, setelah itu baru menentukan Bilangan Pembagi Penduduk (BPPd) dengan cara membagi jumlah penduduk dengan jumlah kursi. Masih menurut pak Mun, setelah mengetahui BPPd baru melakukan proses selanjutnya yaitu menentukan jumlah kursi di setiap kecamatan dan dilanjutkan penggabungan kecamatan untuk dijadikan dapil sesuai peraturan peraturan perudang-undangan yang ada.

Sementara itu, Fatkul Iksan,SH divisi hukum KPU Tuban ditanya terkait kepastian regulasi yang mengatur tentang pembentukan dapil, beliau menyampaikan agar semua pihak bersabar dulu menunggu disahkannya RUU Pemilu yang sampai dengan detik ini masih di bahas di DPR tandasnya. (Fiz)