KPU TUBAN KOORDINASIKAN MUTARLIH KE DINAS DUKCAPIL TUBAN


Selasa, 06 Juni 2017

   Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tuban; Joni Martoyo, SH., M.Hum (tengah) saat menyampaikan paparan terkait Data
   Kependudukan yang akan digunakan untuk proses Pemutakhiran Data Pemilih dalam Rapat Koordinasi hari ini (06/06/2017).


Tuban, Pada hari selasa 6 Juni 2017 dalam rangka menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 maka telah dilakukan koordinasi bersama antara KPU Kabupaten Tuban dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban terkait pelaksanaan tahapan pemutahiran data pemilih yang salah satunya adanya keharusan bagi penduduk di Indonesia untuk mempunyai e-ktp.

Ketua KPU Kabupaten Tuban yang membidangi divisi data kebetulan tidak dapat hadir karena ada Rapim di KPU Provinsi, diwakili oleh Salamun,SE. , Yayuk Dwi A.S, SH dan Nur Hakiim, S.Pd. beserta Kasubag Program dan Data, Kasubbag Teknis, diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban Joni Martoyo, SH., M.Hum. Dalam sambutannya yang disampaikan oleh pak Salamun,SE bahwa kehadiran mereka ke Dinas Dukcapil dalam rangka silaturahmi dan koordinasi terkait dengan data kependudukan yang dikelola oleh dinas tersebut terutama data kependudukan yang menyangkut data pemilih, karena data itu akan dijadikan dasar untuk dijadikan menjadi data pemilih maka perlu kiranya dilakukan sinkronisasi data dan menyamakan persepsi tentang masalah kependudukan terutama meminimalisir NIK ganda.

Menurut Kadis Dukcapil bahwa telah dilakukan perekaman data untuk e-ktp di kabupaten Tuban dan beberapa hal penting yang harus di cermati oleh KPU yaitu adanya dinamisasi data di dukcapil yaitu setiap hari selalu ada update data penduduk yang mati, lahir, pindah domisili maupun masuk, hal ini natinya akan mempengaruhi pemuthahiran data pemilih di KPU. Dan untuk data ganda menurut beliau disebabkan oleh beberapa faktor yaitu antaralain adanya penduduk yang dengan sengaja ingin memilki dokumen kependudukan di 2 wilayah serta adanya kesalahan teknis.

Mengakhiri kunjungan ini Salamun, SE. menyampaikan terimakasih atas silaturahmi dan koordinasi dengan Dukcapil dan data data yang valid sangat diharapkan untuk suksesnya pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018. (Guss)