NGAJI BARENG JUMAT MUBAROK KELUARGA KPU TUBAN


Jum'at, 02 Juni 2017

   Suasana Ngaji Bareng Jum'at Mubarok yang berlangsung hari ini (02/06/2017).

Tuban, Ngaji Selapanan yang secara rutin dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban setiap Jumat Wage, khusus pada bulan Ramadlan dijadwalkan setiap hari juamat, sehingga kali ini mengambil tema JUMAT MUBAROK yang di imami Ustad H. Fatkul Iksan, SH. yang juga Divisi Hukum Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan kali ini peserta ngaji bareng cukup semangat dan antusias mengikutinya, karena acaranya lengkap dengan materi dialog interaktif yang sangat hangat, tentang fiqih menjalankan ibadah puasa agar diterima Allah SWT. Juga mendiskusikan fenomena dan fakta kehidupan sehari-hari, juga contoh-contoh kongkrit permasalahan sehari-hari yang ada di masyarakat. Ustad Fatkul panggilan akrab Haji Fatkul Iksan, SH. juga menguraikan dengan detail dan jelas, tujuan dan manfat puasa. Tujuan/perintah melaksanakan puasa Ramadhan adalah untuk membentuk insan yang taqwa atau darajatul muttaqin adalah meningkatkan derajat ketaqwaan. Ketika melaksanakan puasa, kita harus menahan diri dari segala yang dapat membatalkannya. Kita tidak makan, tidak minum, sekalipun tidak diketahui oleh manusia. Menjaga diri dari berbuat kemungkaran dan senantiasa melakukan amal kebaikan. Dengan niat yang tulus ikhlas beribadah, ini akan meningkatkan derajat ketaqwaan kita kepada Allah. Berpuasa dibulan Ramadhan dapat menumbuhkan sikap saling mencintai sesama muslim. Ketika menahan lapar kita akan merasakan bagaimana rasa yang dialami oleh saudara-saudara kita yang tidak memiliki makananan. Menumbuhkan rasa peduli kita terhadap saudara kita yang kadang tidak makan berhari-hari karena kesulitan ekonomi. Kita akan saling peduli terhadap sesama. Miskin dan kaya tidak ada beda, sama-sama merasakan lapar dan dahaga serta menahan diri.

Sebelum acara Sang Ustad juga menyampaikan acara dialog ini kita lanjutkan pada acara Ngaji Bareng Jumat minggu depan, karena saat ini kita perlu persiapan berangkat ke Masjid untuk mejalankan Sholat Jumat. Karena setiap Allah memberikan perintah, tidak ada satu pun yang tidak memiliki hikmah. Dengan momentum bulan suci Ramadhan, mari kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Meraih hikmah-hikmah ibadah, menjalin kebersamaan, hidup rukun dan sejahtera bersama. Mudah-mudahan kita menjadi golongan yang dirindukan oleh Surga, Amin ya Rabbal 'alamin. (Rat)