SEMANGAT KPU TUBAN DALAM UPACARA HARI LAHIR PANCASILA


Kamis, 01 Juni 2017

   Rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di KPU Tuban hari ini (01/06/2017).

Tuban, Terik matahari yang menyengat tidak menghalangi semangat KPU Tuban untuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 pada hari ini Kamis (1/6/2017) yang dilaksanakan di halaman depan kantor KPU Tuban jalan Pramuka No. 3 Tuban yang diikuti oleh seluruh anggota KPU Tuban dan semua staf sekretariat tanpa kecuali. "Hari ini tidak ada yang Lepas Dinas, meski yang semalam piket, harus tetap ikut Upacara" tegas Kasmuri, SE Ketua KPU Tuban.

Kasmuri menegaskan bahwa betapa berartinya makna peringatan Hari lahir Pancasila ini bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi KPU Tuban, sehingga dalam momen ini mewajibkan semua staf ikut upacara meski statusnya lepas Dinas. "kita ini tinggal melaksanakan memperingati saja, tidak ikut bersusah payah berjuang, jadi harus benar-benar kita tanamkan jiwa dan semangat juang itu dalam kehidupan kita, apalagi kita sebagai penyelenggara Pemilu, kehidupan kita harus bersendi pada Pancasila. "lanjut pria berkacamata ini.

Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila dilingkungan KPU ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 tanggal 30 Mei 2017. Sehingga seluruh jajaran KPU di semua tingkatan pada hari secara serentak melaksanakan Upacara ditempat masing-masing.

Semua kegiatan untuk memperingati hari Lahir Pancasila mengandung makna yang dalam, tidak sekedar Upacara secara seremonial saja, namun ada harapan besar dalam menerapkan makna pancasila sebagai Dasar Negara, hendaknya Pansacila tidak hanya dihafalkan saja akan tetapi perlu adanya wujud nyata dari setiap warga Negara Indonesia untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dimana nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI. (Hupmas)