SIMULASI DEMOKRASI JADI PERMAINAN YANG DIMINATI SAAT KUNJUNGAN HMI KE RPP LONTAR


Rabu, 24 Mei 2017

   Tampak Komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas; Yayuk Dwi Agus, SH (tengah) saat mendampingi anggota HMI mencoba permainan
   Simulasi Demokrasi saat kunjungan ke RPP Lontar hari ini (24/05/2017).


Tuban, Siang ini Rabu (24/5/2017) Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lontar kembali menerima kunjungan. Kali ini dari Pengurus HMI Cabang Tuban. Setelah melihat-lihat RPP dengan dipandu petugas piket hari ini, sekelompok anak muda ini tertarik untuk mencoba permainan dengan beberan simulasi demokrasi.

Permainan yang sekaligus sebagai wahana berdiskusi ini memang sangat cocok dimanfaatkan bagi pelajar dan mahasiswa untuk membahas sebuah isu-isu menarik seputar pemilu dan demokrasi. Tema-tema yang diangkat dalam kartu permasalahan pun sengaja dibuat berdasarkan kasus yang sering terjadi di masyarakat, khususnyanya mengenai kepemiluan, sehingga menarik untuk didiskusikan.

Nur Rohma, salah satu dari rombongan pengunjung yang juga sebagai ketua Kohati Cabang Tuban mengaku senang dengan model permainan ini, "sangat bagus untuk metode pembelajaran, karena tanpa disadari yang awalnya kita hanya bermain tapi ternyata sudah berdiskusi untuk memecahkan masalah kepemiluan. "Ungkapnya penuh semangat.

Lebih lanjut Rohma menjelaskan bahwa model ini dapat diterapkan untuk metode pembelajaran anak didiknya. "Model begini lebih mengena dan asyik. "Kata gadis asal Bangilan yang juga mempunyai anak didik les privat tingkat SD.

Sebagaimana diketahui bahwa RPP Lontar ini selain menampilkan model panel data di ruang pamer, ruang audio visual, ruang diskusi, juga mempunyai beberapa model permainan yang menarik untuk pengunjung. (Hupmas)