HMI TUBAN KUNJUNGI RPP LONTAR


Rabu, 24 Mei 2017

   Tampak komisioner KPU Tuban berfoto bersama Pengurus HMI cabang Tuban pada kunjungan ke RPP Lontar hari ini (24/05/2017).

Tuban, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban, Rabu 24 Mei 2017 mendapat kunjungan dari teman - teman Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh Ketuanya Sdr. Imam Wahyudi. Maksud kedatangan para Mahasiswa ini adalah untuk mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Lontar KPU Kabupaten Tuban.

Kunjungan ini diterima langsung oleh seluruh Anggota KPU Kabupaten Tuban didampingi Sekretaris, Kasubbag dan staf Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) di RPP Lontar KPU Kabupaten Tuban.

Mengawali kunjungannya, para mahasiswa ini diajak berkeliling di RPP Lontar dengan dipandu Komisioner dan staf, dalam sambutannya komisioner KPU Tuban menjelaskan, selain dilengkapi dengan ruang display / pameran dan ruang diskusi yang didalamnya terdapat informasi kepemiluan dalam bentuk panel, buku-buku, album, brosur, maket pemungutan suara dan ruang audio visual, mini library dan ruang PPID yang juga dilengkapi dengan TV untuk melihat film dokumenter tentang Pemilu serta game tentang kepemiluan dalam bentuk permainan ular tangga dan simulasi.

Selama kunjungan, para mahasiswa ini terlihat antusias mengikuti, aktif bertanya dan mencoba alat permainan/game simulasi kepemiluan, kemudian mereka foto bersama. Dari ruang pameran/display, dan simulasi, peserta dibawa ke ruang audio visual untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah pemilu di Indonesia, lembaga KPU dan Tata Cara Pemungutan Suara di TPS dalam bentuk penayangan video.
   Tampak salah satu staf sekretariat KPU Tuban; M. Nur menjelaskan data yang ditampilkan di RPP Lontar hari ini (24/05/2017).

Anggota KPU Tuban juga menyampaikan informasi mengenai pentingnya Pemilu, syarat menjadi pemilih, keterwakilan perempuan dan waktu pemungutan suara serta Kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu Lontar ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran berdemokrasi di kalangan generasi muda sehingga dapat menggunakan haknya sebagai warga negara secara cerdas dan bertanggung jawab. Lebih lanjut dapat meningkatkan partisipasi generasi muda dalam setiap Pemilu.

Mengakiri kunjungannya ke RPP Lontar, Imam Wahyudi menjelaskan bahwa para mahasiswa ini ingin mengetahui program-program dari KPU sehingga nantinya dapat digunakan untuk edukasi kepada masyarakat dan teman teman mahasiswa serta memberikan pengetahuan yang lebih lengkap kepada para pemilih pemula sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu yang akan datang karena ada kecenderungan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu cenderung menurun.

Kesan yang didapat selama kunjungan ke RPP Lontar menurut Ketua HMI ini merupakan salah satu sarana yang bagus dimiliki KPU Tuban untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, dimana didalamnya tersaji berbagai data, informasi dan pengetahuan tentang kepemiluan. (Guss)