KEPALA DESA JADI PILIHAN UNTUK SOSIALISASIKAN PDPB


Rabu, 10 Mei 2017

   Komisoner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas; Yayuk Dwi Agus S, SH, MH saat menyampaikan materi PDPB pada Rapat Dinas Kepala Desa
   se-Kecamatan Palang Kabupaten Tuban hari ini (10/05/2017).


Tuban, Tidak mau berhenti dalam melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) sebagaimana dalam SE KPU RI nomor 176/KPU/IV/2016, KPU Tuban terus mencari metode penyampaian informasi ini kepada masyarakat. Seperti pagi ini Rabu (10/5/2017) agenda Konferensi Kepala Desa Se Kecamatan Palang menjadi sasaran kegiatan. Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, Divisi SDM dan Parmas yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang kegiatan PDPB tersebut.

Tujuan utama dari PDPB ini adalah untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada pemilu/pemilihan berikutnya. Hal ini perlu adanya partisipasi masyarakat untuk memberi masukan dan tanggapan. Masyarakat dapat memberi laporan langsung kepada KPU Tuban terkait pemilih atau keluarganya untuk memperbaiki data atau pindah keluar/masuk Kabupaten Tuban yang dibuktikan dengan identitas kependudukan dan mengisi formulir.

Selain masalah PDPB yang menjadi materi utama, Yayuk juga menyampaikan tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu/pemilihan, peran semua pihak sangat menunjang kesuksesan pelaksanaan pemilu. Ada tiga pilar keberhasilan pemilu antara lain Peserta, penyelenggara, dan pemilih. "jadi tidak hanya penyelenggara saja yang mempunyai tanggung jawab kesuksesan pemilu/pemilihan, namun ada pihak terkait yang juga mempunyai peran penting, jadi jika semua bersinergi untuk saling menjalankan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab, maka pemilu juga akan berjalan sukses dan berintegritas. "tutur Yayuk di akhir acara.

Sebelum mengakhiri penyampaikan materi, Yayuk tak lupa mengenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lontar yang telah diresmikan dua pekan lalu, dengan harapan ada kepedulian dari peserta konferensi untuk berkunjung ke RPP guna mendalami pemilu dan demokrasi serta melihat dari dekat sajian yang ada dalam RPP. Hal ini mendapat respon positif dari beberapa kades, dan peserta lain, yang merencakan kunjungan ke RPP. "Kami akan agendakan untuk kunjungan bersama staf kami. "tutur Bu Dokter Kepala Puskesmas Palang. (Hupmas)