KPU PROVINSI JAWA TIMUR GELAR RAKOR, PERSIAPKAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH 2018 DAN PEMILU 2019


Selasa, 09 Mei 2017

   Tampak Ketua KPU-RI; Arief Budiman, SS, S.IP, MBA saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Perencanaan dan
   Pengelolaan Logistik Pemilu di Tanjung Kodok Beach Resort hari ini (09/05/2017).


Lamongan, KPU Kab.Tuban pada hari Selasa s/d Rabu (9 - 10 Mei 2017) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Kebutuhan dan Pengelolaan Logistik Pemilu serta Penganggarannya, dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 dan Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur bertempat di Tanjung Kodok Beach Resort, jalan Raya Paciran Lamongan. Rapat Koordinasi (Rakor) dihadiri oleh Divisi Keuangan; Umum dan Logistik KPU Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Timur, Pejabat Pengadaan dan operator SILOG KPU Kabupaten/Kota.

Rakor ini dihadiri dan dibuka oleh Ketua KPU RI periode 2017 - 2022, Arief Budiman. Dalam sambutannya Ketua KPU RI menyampaikan bahwa di Tahun 2017 adalah tahun yang luar biasa bagi penyelenggara pemilu. Karena disini ada 3 moment yang harus dilaksanakan, yaitu pertama, menyelesaikan beberapa persoalan Pilkada 2017; kedua, menyelenggarakan tahapan Pilkada serentak 2018, dan yang ketiga adalah mempersiapkan Pemilu 2019. Saat ini kepercayaan masyarakat/publik terhadap penyelenggara pemilu semakin hari semakin baik, sehingga agar tetap dijaga komitmennya dan juga perlu untuk ditingkatkan. Selain itu Pak Arief Budiman juga menyampaikan bahwa core bisnis KPU adalah logistik Pemilu, selain data pemilih hingga pemungutan dan penghitungan suara yang dikoversi menjadi kursi. Sehingga bisa dikatakan bahwa logistik pemilu sangatlah penting, diluar itu sifatnya hanya supporting saja, dan semoga kita semua tercatat menjadi pelaku sejarah terselenggaranya Pemilu serentak pertama di Indonesia Tahun 2019.

Sedangkan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor diadakan untuk perencanaan dan pengelolaan logistik Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 serta Pemilu Tahun 2019, dan Rakor yang digelar di Tanjung Kodok Beach Resort ini ada beberapa hal yang akan dibahas, diantaranya adalah mengenai masalah kebijakan tentang perencanaan dan pengelolaan logistik pemilihan, teknis yang perlu dipersiapkan untuk logistik Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018, dan yang terakhir akan dibahas pula tentang sistem pengadaan barang dan jasa untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018.

Dilain sesi pak Omy salah satu Kepala Bagian di Bidang Logistik KPU RI menyampaikan berbagai terobosan dilakukan oleh KPU RI untuk membuat proses pengadaan logistik Pemilu menjadi lebih baik, serta membuat mekanisme pengadaan menjadi aman, dan diharapkan pula agar Pengadaan logistik Pemilu dilaksanakan melalui satker sendiri yaitu ULP KPU, hal ini merupakan terobosan baru dalam pengadaan secara lelang, dan sangatlah baik guna mengurangi ketergantungan dengan ULP Pemda, karena yang lebih mengetahui kebutuhan Pemilu adalah KPU sendiri, sehingga bisa tepat dalam menentukan spesifikasi barang yang akan dilelang. (Guss)