KPU TUBAN HADIRI SOSIALISASI UNDANG-UNDANG PILKADA


Kamis, 13 April 2017

   Suasana Rapat Sosialisasi Undang Undang No.10 Tahun 2016 yang diadakan Bakesbangpol Prov. Jatim hari ini (13/04).

Tuban, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban menghadiri rapat sosialisasi Undang-Undang No. 10 Tahun 2016 terkait Pilkada Serentak. Rapat sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur(12/4) di Hotel Ijen View Kota Malang. Dalam kesempatan tersebut, Kesbangpol Provinsi Jawa Timur mengundang peserta antara lain dari unsur Kesbangpol dan KPU Kab/Kota Se- Jawa Timur.

Rapat sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekda Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannnya Ka.biro menyampaikan bahwa tujuan rapat sosialisasi perundangan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menyamakan persepsi pemahaman tentang Undang-Undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah secara serentak; terlebih pada tahun 2018 Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 18 Kabupaten/Kota.

Kasmuri Ketua KPU Kabupaten Tuban yang hadir pada rapat tersebut menganggap bahwa kegiatan-kegiatan sosialisasi perundangan Pilkada memang sangat penting sekali sering dilaksanakan oleh semua pihak pemangku kepentingan dengan melibatkan stakeholders guna meningkatkan koordinasi dan pemahaman yang sama antar stakeholders sehingga dalam pelaksanaan Pilkada tidak ada kesalahpahaman yang berawal dari perbedaan pemahaman Undang-Undang. "Jika semua stakeholders yang terlibat dalam Pilkada sudah memahami regulasi dalam persepsi yang sama maka diharapkan Pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan tertib dan lancar". Ungkap Kasmuri.

Rapat sosialisasi sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tgl 12-13 April 2017 dengan mendatangkan narasumber dari Kemendagri, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur serta praktisi hukum lain. (Hupmas)