KETUA KPU TUBAN JADI NARASUMBER DISKUSI POLITIK TAHUN 2017


Kamis, 06 April 2017

   Ketua KPU Tuban; Kasmuri, SE (paling kiri) saat menjadi narasumber dalam Diskusi Politik 2017 yang berlangsung hari ini (06/04).

Tuban, Pagi ini Kamis (6/4/2017) sesuai permintaan dari Kepala Kantor Kesbangpol Tuban sebagai penyelenggara kegiatan Koordinasi Forum-forum Diskusi Politik tahun 2017 yang berlangsung di ruang rapat kantor setempat, Ketua KPU Tuban, Kasmuri SE, menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi Politik dengan tema : Peningkatan partisipasi politik dalam rangka mewujudkan pemilu yang Demokratis dan berkualitas. Kegiatan diskusi politik dihadiri oleh Dinas terkait, perwakilan partai politik, dan organisasi massa.

Dalam penyampaian materi, pak Kasmuri lebih banyak memberikan penekanan bahwa keberhasilan pelaksanaan pemilu bukan hanya merupakan tanggung jawab penyelenggara semata, namun ada pihak-pihak yang turut serta menunjang suksesnya Pemilu yang Demokratis. Ada tiga pilar penunjang keberhasilan pemilu yakni Penyelenggara, Peserta, dan Pemilih. "Jika ketiga pilar ini bersinergi dan menjalankan tupoksinya masing-masing, maka niscaya akan terwujudlah pemilu yang demokratis dan berkualitas." Jelas pria berkacamata minus ini.

Sebagaimana diketahui agenda diskusi politik ini merupakan agenda yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi politik, terutama bagi parpol. Parpol mempunyai peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pemilu, sehingga sejak dini dan secara berkala parpol harus menjalankan fungsinya sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, untuk mencapai salah satu tujuan khusus Parpol yaitu meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan.

Pelaksanaan diskusi politik berjalan lancar, karena semua peserta merasa puas dengan adanya forum yang sangat bermanfaat ini dan sebagian besar peserta berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. (Humas)