KPU TUBAN MULAI BERESKAN RUANGAN PERSIAPAN RPP


Selasa, 14 Maret 2017

   Gambar alur tata ruang Rumah Pintar Pemilu.

Tuban, Pagi ini (14/3/2017) tampak beberapa staf sekretariat yang juga dibantu oleh tenaga luar, mulai membereskan ruangan dan lobby KPU Tuban yang rencananya akan didesain untuk menjadi Rumah Pintar Pemilu (RPP). Kotak suara dan bilik suara yang semula masih menumpuk di samping depan media center, kini mulai diangkut untuk disimpan di gudang logistik jalan Dr Wahidin Tuban.

Memang beberapa waktu yang lalu pada saat pelaksanaan Pilkades, KPU Tuban memberikan fasilitas kepada Panitia Pilkades dengan meminjami Kotak, bilik, dan alat coblos guna memperlancar pelaksanaan Pilkades. Dan kemarin setelah menerima pengembalian dari panitia, tidak langsung disimpan digudang, sementara dikumpulkan di kantor KPU Tuban dan memanfaatkan lorong yang ada. "karena pengembalian kotak dan bilik tidak serentak, maka kita tunggu sampai semua terkumpul, baru kita kirim ke gudang. "kata Pak Nur Hakim, divisi Umum, Keuangan dan Logistik.

Lebih lanjut Pak Nur menjelaskan bahwa, KPU Tuban akan segera membentuk RPP dengan memanfaatkan ruangan yang ada dilantai 1 ini termasuk lorong. "yang ada kita optimalkan, kita desain sedemikian rupa sehingga RPP kami nantinya mudah diakses oleh siapa saja yang membutuhkan informasi tentang demokrasi dan kepemiluan. Terutama bagi kelompok disabilitas, makanya kita tidak menggunakan lantai 2" jelas pria mantan guru MTs ini. Sebagaimana diketahui bahwa KPU RI telah membuat Surat Edaran tentang pembentukan RPP tahun 2017 di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dengan harapan pada triwulan pertama tahun ini dapat selesai. KPU Tuban sudah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk pembuatan RPP ini, dan dijadwalkan pada akhir Maret sudah dapat selesai. (Humas)