LAPORAN TAHUNAN PPID KPU TUBAN PROSES FINISHING


Selasa, 21 Februari 2017

   Komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas; Yayuk Dwi Agus, MH (gambar kiri), tampilan laman resmi PPID KPU Tuban (gambar kanan).

Tuban, PPID, selain mempunyai kewajiban menyediakan layanan informasi publik yang terbuka, cepat, dan tepat, juga diharuskan membuat dan menyediakan laporan layanan informasi public secara berkala, yang terangkum dalam bentuk Laporan Tahunan PPID. Laporan itu harus dibuat selambat-lambatnya 3 bulan setelah akhir tahun, dan dikirimkan ke Komisi Informasi Publik (KIP).

"Sebagaimana diatur dalam Pasal 46 Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2015, kita diharuskan membuat dan menyediakan laporan layanan informasi publik. Laporan itu dikirim ke KIP, tentu saja dengan tembusan ke KPU Provinsi dan KPU RI. Meski masih ada tenggat waktu laporan itu maksimal 3 bulan dari akhir tahun anggaran (akhir Maret-Red), tetapi kita akan segera tuntaskan laporan Tahunan PPID dalam bulan ini, "tegas bu Yayuk, Divisi SDM dan Parmas.

Lebih lanjut Yayuk mengatakan bahwa pembuatan laporan Tahunan PPID ini tidaklah sulit, yang penting sesuai ketentuan laporan sedikitnya harus memuat 6 item, seperti gambaran umum, rincian layanan informasi, rincian penyelesaian sengketa (jika ada), kendala internal-eksternal, serta rekomendasi dan RTL dalam pelaksanaan pelayanan. Jika helpdesk mencatat dengan tertib dan benar dalam buku regester, maka akan memudahkan pembuatan laporan. Sampai dengan hari ini, laporan sudah selesai mencapai 90%. "kita tinggal finishing saja, tinggal ceking susunan kalimat dan data, serta penjilidan. "tegasnya.

Secara umum pemohon Informasi Publik tahun 2016 ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2015-red) mengalami kenaikan 300%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai mengenal dan memanfaatkan layanan PPID untuk mendapatkan Informasi Publik yang dibutuhkan. (Humas)