SISWA MAGANG IBARAT "SIMBIOSIS MUTUALIS"


Selasa, 07 Februari 2017

   Tampak siswa magang sedang menginput data-data hasil pemilu didampingi Kasubbag Umum KPU Tuban; Krisna Widiyarti, SH.

Tuban, Perumpamaan dalam kehidupan makluk hidup di lingkungan sekitar, yang kita kenal ada beberapa istilah, mungkin siswa magang yang saat ini sedang praktek lapangan untuk menimba ilmu secara langsung di KPU Tuban dapat diibaratkan sebagai "Simbiosis Mutualis" yang dalam Ilmu Pengetahuan Alam adalah interaksi antara dua mahkluk hidup atau lebih yang berakibat keduanya mendapatkan keuntungan. Jadi bisa dikatakan kalau Simbiosis Mutualisme adalah simbiosis yang sama sama untung, kedua makhluk hidup yang berdampingan mendapatkan sesuatu keuntungan dari interaksi tersebut.

Demikian juga dengan siswa magang yang ada di KPU Tuban ini, saling mendapatkan keuntungan yang dirasakan kedua belah pihak. Pihak siswa beruntung mendapatkan ilmu praktis dilapangan sebagai bentuk pengembangan teori yang diperoleh dari sekolah dan masih ditambah dengan ilmu tentang kepemiluan juga, sementara KPU Tuban yang memang secara kuantitatif kekurangan personil sekretariat merasakan keuntungan ada penambahan tenaga yang dapat membantu administrasi umum. "jadi sama-sama mendapatkan keuntungan, meskipun itu bukan tujuan utama dari semua ini" terang Bu Krisna Kasubag Umum dan Keuangan, yang sekaligus menjadi mentor utama atau pembimbing siswa magang ini.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak awal Januari 2017 KPU Tuban menerima siswa magang dari SMK TJP sejumlah empat siswa yang praktek selama dua bulan. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sekolah kejuruan di Tuban yang tiap tahunnya menerjunkan siswanya untuk praktek langsung tersebar ke dinas instansi terkait. "kami selaku lembaga publik selalu siap menerima siswa yang magang untuk belajar lebih intens terkait administrasi umum perkantoran dan bidang kepemiluan. "pungkas Bu Kris mengakhiri perbincangan. (Humas)