TIADA BOSAN MEMBERI PENDIDIKAN PEMILIH UNTUK CETAK PEMILIH CERDAS


Senin, 06 Februari 2017

   Komisioner KPU Tuban divisi Parmas dan SDM; Yayuk Dwi Agus, MH saat menyampaikan amanat upacara (gambar kiri) pada upacara
   bendera di SMPK Ronggolawe hari ini (06/02).


Tuban, Tiada kata bosan untuk "pendidikan pemilih", itulah kiranya yang tepat untuk julukan KPU Tuban saat ini. Bagaimana tidak, program pendidikan pemilih berkesinambungan ini sangat menjadi prioritas disaat KPU Tuban sedang tidak menjalankan tahapan pemilu/pemilihan. Hal ini terbukti, tiap hari Senin selalu ada petugas yang menjadi Pembina Upacara di sekolah, baik itu tingkat SLTP maupun tingkat SLTA. Seperti pagi ini (6/2/2017) tampak Komisioner KPU Tuban Yayuk Dwi Agus Sulistiorini menjadi Pembina Upacara di SMPK Ronggolawe Tuban, yang siswanya gabungan antara SMP dan SMA.

Materi yang disampaikan kepada para siswa adalah bagaimana memahami Demokrasi dengan benar, dan bagaimana menyiapkan diri menjadi pemilih pemula yang cerdas. Pemilih yang cerdas bukan hanya sekedar datang dan mencoblos pilihannya. Namun pemilih yang cerdas adalah pemilih yang mau memahami makna pemilu, memantau saat pendataan pemilih (pro aktif untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih), mencermati visi misi Calon, dan datang ke TPS dengan sukarela.

Kegiatan pendidikan pemilih berkesinambungan melalui program menjadi Pembina Upacara di sekolah memang merupakan metode yang efektif dan efisien. Disamping tidak memerlukan biaya, sasaran yang diperoleh pun cukup maksimal. Artinya kerjasama dengan pihak sekolah sangat membantu kelancaran program KPU Tuban. Selain pihak sekolah, ormas dan kelompok masyarakat lain pun dapat bekerja sama dengan KPU Tuban untuk mendapatkan pendidikan pemilih. (Humas)