KPU TUBAN GELAR BIMTEK SIMULASI PENCALONAN PERSEORANGAN PILKADA 2020


Senin, 17 Februari 2020

   Tampak suasana Bimtek Simulasi Penerimaan Berkas Dukungan Calon Perseorangan Pilkada 2020 yang berlangsung hari ini (17/02/2020).

Tuban, Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, khususnya tahapan pencalonan perseorangan semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban Menghelat Bimbingan Teknis Simulasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Tahun 2020. Bertempat di ruang rapat lantai II gedung KPU kabupaten Tuban pukul 09.30 WIB, dilaksanakan bimtek simulasi penerimaan barkas dukungan bakal calon perseorangan bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 . Bimtek simulasi tersebut dipandu langsung oleh Nur Hakim selaku Devisi Teknis KPU kabupaten Tuban. Nur Hakim menyatakan bahwa Bimtek ini penting diselenggarakan oleh KPU Kabupaten tuban untuk membekali sumber daya manusia KPU Kabupaten Tuban dalam menghadapi tahapan Pencalonan Perseorangan Pemilihan tahun 2020. "Dengan pembekalan ini, harapan kami seluruh karyawan KPU kabupaten Tuban, memiliki pandangan yang sama, dan kemampuan yang sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya. Dalam simulasi tersebut diperankan tokoh-tokoh yang akan terlibat dalam penerimaan berkas, terdiri dari operator silon KPU Kabupaten Tuban , verifikator, petugas keamanan dari kepolisian dan satpam KPU, Bapaslon beserta Operatornya dan Pimpinan Bawaslu atau Staf Bawaslu yang diberi Tugas pengawasan.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tuban, Nur Hakim menjelaskan bahwa alur penerimaan berkas tersebut dimulai dengan kedatangan Bapaslon mengisi daftar hadir, kemudian menyerahkan dokumen (B.1-KWK, B.1.1-KWK, B.2-KWK dan B.1.2_KWK), melaksanakan peraturan dan ketentuan dalam proses penyerahan yang ditentukan oleh KPU, kemudian memberikan daftar nama tim bapaslon. "Kemudian Bapaslon diterima Komisioner untuk menyampaikan kesiapan berkas yang akan diserahkan sambil menunggu Operator SILON Bapaslon melaporkan kesiapan SILON untuk memastikan syarat minimal dukungan dan sebaran terpenuhi untuk dilakukan submit," jelas Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tuban. Nur Hakim menerangkan, bagi Bapaslon yang sudah lengkap semua berkasnya, selanjutnya akan dilakukan pengecekan oleh Tim Verifikator KPU apakah sesuai dengan SILON atau tidak. Sedangkan bagi Bapaslon yang berkasnya belum lengkap akan diberikan kesempatan untuk melengkapi sesuai peraturan yang ditetapkan. "Tim Bapaslon masih diberikan waktu untuk melengkapi berkas yang harus diserahkan tersebut hingga batas akhir waktu penyerahan yang telah ditetapkan KPU," pungkasnya. Sesuai jadwal tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Tahapan penerimaan berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Februari hingga 23 Februari 2020. (Ipink/Hupmas)