PERSIAPAN PILKADA, KPU TUBAN GELAR RAKOR DAN SOSIALISASI PEMBENTUKAN BADAN ADHOC


Rabu, 08 Januari 2020

   Tampak suasana Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Badan Adhoc Pilkada 2020 yang berlangsung hari ini (08/01/2020).

Tuban, Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban tahun 2020 (Pilkada) kini telah berada pada tahapan pencalonan Perseorangan. Selanjutnya pada tanggal (15/1) tahapan pembentukan badan Ad Hoc meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Untuk membentuk badan Ad Hoc tersebut KPU Kabupaten Tuban menggelar kegiatan yang bertajuk Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Pilkada 2020. Bertempat di Hall Cristal Tuban Tropis pada Rabu (8/1) kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat beserta Sekretaris Kecamatan (Sekcam) se-Kabupaten Tuban.

Rakor yang dimulai pukul 10.00 WIB dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban (Fatkul Iksan) dalam sambutanya Fatkul sapaan akrabnya meminta kerjasama kepada seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Tuban untuk turut serta dalam menyukseskan hajatan besar pilkada kabupaten tuban tahun 2020. Pria yang menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Tuban periode 2019-2024 tersebut menambahkan "sebagai Lembaga Independen KPU Kabupaten Tuban belum mumpuni secara fasilitas dalam penyelenggaraan kegiatan Pilkada, sehingga kami mohon untuk kerjasamanya dalam hal memberikan fasilitas ruangan untuk administrasi dan meminjamkan ASN untuk menjadi sekretariat PPK di Kecamatan". Selanjutnya rakor yang dimoderatori oleh Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas (Zakiyatul Munawaroh) tersebut disambung oleh Komisioner Divisi Data (Moh Nurokhib). Rokhib sapaan akrabnya menyampaikan tahapan Pilkada 2020. "Pada bulan Januari ini kami akan membuka pendaftaran PPK, yang sedikit lebihnya akan merepotkan setiap kecataman yang ada di Tuban untuk menyediakan tempat sekretariat bagi PPK setempat" Jelas Pria asal Jenu tersebut kepada peserta rakor. Lebih lanjut pada sesi materi kedua yang disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Tuban (Didik Purwanto) mengatakan Pemerintah daerah turut-serta/ memfasilitasi kegiatan berdemokrasi. "Saya harap dalam setiap tahapan pilkada nanti dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan damai" Pungkas Pria yang Dinas di Jl. Mastrip Nomor 21 tersebut. (Din/Mis/Hupmas)