KETUA KPU RI PASTIKAN KESIAPAN PEMILIHAN SERENTAK 2020 DI JATIM


Rabu, 04 Desember 2019

   Tampak Ketua KPU RI (berdiri di podium) saat memberikan pengarahan dalam Rapat Pimpinan yang berlangsung hari ini (04/12/2019).

Pasuruan, Ketua KPU RI Arief Budiman hadir dalam rapat pimpinan yang digelar oleh KPU Provinsi Jatim bersama dengan seluruh anggota KPU di 38 Kab/Kota bertempat di Kabupaten Pasuruan, Rabu (4/12/2019). Arief sengaja hadir guna memastikan kesiapan tahapan pemilihan serentak 2020 di Jatim. Sebanyak 19 Kab/Kota atau separuh dari jumlah daerah di Jatim akan menyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota di tahun 2020 mendatang. Arief Budiman langsung berkomunikasi membahas kesiapan pemilihan serentak 2020 mulai dari ketersediaan anggaran, SDM termasuk jadwal tahapan.

"Kesiapan seluruh aspek ini merupakan kunci utama suksesnya pemilihan. Dan kami pastikan di 19 Kab/Kota di Jatim telah siap menjalankan tahapan pemilihan 2020,"papar Arief Budiman. Lebih lanjut mantan anggota KPU Provinsi Jatim ini menjelaskan ditingkat KPU RI, telah diterbitkan beberapa regulasi berupa peraturan KPU. Dan sebagian diantaranya tengah dibahas dalam rapat dengar pendapat dengan DPR RI serta penomoran oleh Menkumham. "PKPU tahapan dan Pencalonan telah disahkan. Dan kini tengah proses PKPU pemungutan dan penghitungan. Sementara bila tidak ada perubahan yang berarti, PKPU yang lama masih akan berlaku,"jelasnya. Sementara dalam pemilihan tahun 2020 Kabupaten Magetan tidak termasuk didalamnya. Pemilihan di magetan telah sukses digelar tahun 2018 lalu, dan sesuai Undang-Undang akan mengikuti pemilihan kembali serentak ditahun 2024 mendatang. (Hupmas)