SINAU BARENG MEMBANGUN SISTEM DEMOKRASI


Selasa, 01 Oktober 2019

   Tampak komisioner KPU Tuban; Nur Hakim (duduk ke-6 dari kiri) berfoto bersama peserta Sinau Bareng Pemilos MAN 1 Tuban yang berlangsung hari ini (01/10/2019).

Tuban, Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh setiap sekolah pada tingkat SMP dan SMA Sederajat. MAN 1 Tuban misalnya, pada hari ini Selasa (1/9) berbarengan dengan hari Kesaktian Pancasila Panitia Pemilos menggelar "Sinau Bareng Membangun Sistem Demokrasi" yang bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban. Komisioner KPU Kabupaten Tuban (Nur Hakim) dalam kesempatan kegiatan tersebut mengajak para siswa untuk memilih sesuai dengan hati nurani, tidak ada unsur paksaan, dan tindakan money politik. "Ketika nanti anda akan memilih calon ketua OSIS, jangan sampai karena teman dekat kemudian anda pilih, atau karena kegantengan, kecantikan, dan unsur-unsur yang lainnya, namun pilihlah sesuai dengan kinerja dan dedikasi kepada organisasi" Pesan Hakim saat memberikan materi kepada perwakilan siswa MAN 1 Tuban.

Salah satu guru MAN 1 Tuban mengatakan bahwa kegiatan yang digelar diruang aula tersebut bertujuan untuk memberi bekal kepada siswa-siswi dalam berdemokrasi dan memberikan pelajaran pada pentingnya Demokrasi, Pemilu, dan Partisipasi. "Kegiatan hari ini bisa dijadikan bekal anak-anak untuk berlatih berdemokrasi dan kepemiluan, mengingat besok aka nada pemilos. Dan harapan tidak berhenti diterapkan pada pemilos saja, namun bisa jadi bekal ketika sudah memiliki hak pilih pada Pemilu-Pilkada" Ungkap Pria yang mengabdikan dirinya menjadi pengajar di MAN Tuban tersebut. Pemilos yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Tuban berupa kotak suara dan bilik suara tersebut akan digelar pada Rabu (2/9) merupakan agenda tahunan yang digelar MAN 1 Tuban, dan sudah lama bekerjasama dengan KPU Kabupaten Tuban. (Hupmas)